Sumur Wakaf Siasati Dampak Kemarau di Kampung Cihuni

Kampung Cihuni, Kabupaten Sukabumi, seringkali mengalami kekeringan saat musim kemarau. Warga akhirnya mengandalkan masjid sebagai tempat penampungan air yang diambil dari sungai.

sumur wakaf sukabumi
Dengan adanya Sumur Wakaf, diharapkan dapat menyediakan kebutuhan air warga selama kemarau. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN SUKABUMI – Alam sudah menyediakan sebuah sumber air bagi warga Kampung Cihuni, Desa Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Sebuah sumur tersedia bagi sebagian warga yang tak memiliki sumber air di rumahnya.

Tetapi tak sepanjang tahun sumur tersebut menyediakan air. Di musim kemarau, sumur ini pun akan turut mengering. Menyiasati hal tersebut, warga akhirnya menampung air di Masjid Hidayatul Iman agar dapat digunakan warga yang membutuhkan.

“Karena itu untuk memenuhi kebutuhan sanitasi, jemaah masjid dan warga mengambil air dari Sungai Cihuni yang jaraknya kurang lebih 600 meter, dengan medan jalanan yang turun-naik,” ujar Resdi Pratama dari Tim Global Wakaf-ACT Sukabumi pada Senin (9/8/2021) ini.

Untuk itu Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf di Kampung Cihuni, tepatnya di Masjid Hidayatul Iman. Sumber air alternatif ini menargetkan sebanyak lebih dari 200 penerima manfaat.


“Pembangunan sumur bor sedalam
48 meter ini diharapkan menjadi sumber air baru bagi jemaah dan masyarakat umum, agar memberikan manfaat yang sebaik-baiknya dan memberikan akses kemudahan saat musim  kemarau tiba,” terang Resdi.

Sumur Wakaf ini telah rampung diresmikan sekitar akhir bulan Juni lalu. Ustaz Agus dari DKM Masjid Hidayatul Iman pun mengungkapkan terima kasihnya atas hadirnya Sumur Wakaf di Kampung Cihuni. “Semoga bantuan ini bermanfaat untuk warga Cihuni, dan semoga wakif yang telah membangun Sumur Wakaf ini dipanjangkan usianya, diberikan kesehatan, serta dimudahkan rezekinya,,” harap Ustaz Agus.

Selain membangun Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT juga menanam sejumlah pohon jeruk dan pohon kayu manis sebagai upaya pemberdayaan masyarakat sekaligus konservasi lingkungan. Global Wakaf-ACT juga memberikan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk masyarakat. []