Sumur Wakaf, Solusi Kekeringan di Dusun Turunan, Gunungkidul

Sumur Wakaf, Solusi Kekeringan di Dusun Turunan, Gunungkidul

ACTNews, GUNUNGKIDUL - Di balik keindahan alam yang disuguhkan pegunungan Sewu di sepanjang bagian utara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) nyatanya menyimpan kesedihan. Kesedihan ini salah satunya dialami oleh warga dusun Turunan, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pasalnya, topografi pegunungan Sewu yang merupakan pegunungan kapur menyebabkan air sulit didapat. Warga harus menuju telaga untuk bisa memperoleh air.

Namun, ada yang berbeda di tahun ini. Akhir Oktober lalu, warga dusun Turunan boleh berbahagia. Pasalnya, pembangunan sumur bor telah rampung. Global Wakaf telah menyelesaikan pembangunan sumur serta perbaikan fasilitas MCK.

Gemericik air kini mewarnai desa yang sebelumnya sepi. Masjid Al Muqorrobun, lokasi dibangunnya sumur wakaf tersebut, kini selalu ramai. Kaswandi selaku Ketua Takmir Masjid Al Muqorrobun menyampaikan rasa syukurnya sebab semenjak adanya sumur warga silih berganti berdatangan meramaikan masjid, tak hanya mengambil air, juga melakukan aktivitas ibadah.

"Alhamdulillah, aliran air dari sumur bor yang dibangun mampu mencukupi kebutuhan masjid dan penduduk sekitar. Kami jadi mudah untuk melaksanakan berbagai aktivitas ibadah dan tidak lagi harus mencari air di telaga," tutur Kaswandi.

Romadani selaku Penanggung Jawab Program Wakaf Sumur GW-ACT DIY mengungkapkan, sebenarnya sudah cukup lama pembangunan sumur ini dicanangkan. Namun, proses sempat tersendat akibat sulitnya menemukan sumber mata air di daerah ini.

Ia lebih lanjut mengatakan, program wakaf sumur akan diteruskan di beberapa lokasi yang mengalami nasib serupa. “Mohon doa dan dukungannya, insya Allah dalam waktu dekat kami akan membangun wakaf sumur di beberapa lokasi kekeringan lainnya, yaitu Dusun Karang Tengah, Wukirsari, Imogiri, Bantul," tambahnya.

Sumur wakaf di Dusun Turunan tersebut menambah jumlah sumur wakaf yang telah dibangun oleh Global Wakaf di berbagai wilayah yang terdampak kekeringan di Indonesia. Hal ini tentu tidak terlepas dari kedermawanan para wakif yang senantiasa memperluas multibenefit wakaf bagi masyarakat. []

Tag

Belum ada tag sama sekali