Sumur Wakaf Tebar Manfaat untuk 250 Ribu Jiwa di Sepuluh Negara

Kehadiran Sumur Wakaf dari Global Wakaf-ACT telah menyapa sepuluh negara penerima manfaat. Terhitung sebanyak 250 ribu jiwa dan 37 ribu kepala keluarga dapat mengakses air bersih dan laik minum.

sumur wakaf
Keberhasilan pembangunan salah satu Sumur Wakaf membawa kebahagiaan di Mali. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Program Sumur Wakaf yang dihadirkan Global Wakaf-ACT terus menebar manfaat di pelosok Indonesia hingga penjuru dunia. Data per 25 Juli 2021 menyebutkan, lebih dari 250 ribu jiwa telah menerima manfaat kehadiran Sumur Wakaf di 10 negara.

Hadirnya Sumur Wakaf dari Global Wakaf-ACT menjadi solusi di tengah sulitnya memperoleh akses air bersih dan laik minum bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini didukung laporan yang dirilis oleh World Resources Institute (WRI) bahwa sebanyak 1,8 miliar orang di 17 negara atau sekitar seperempat dari populasi dunia tengah di ambang persediaan air yang terbatas.

“Krisis air semakin menjadi-jadi dan meluas hingga penjuru dunia, tentunya ini berdampak pada nasib hidup mereka. Padahal air memiliki peranan penting juga vital bagi kehidupan umat manusia di manapun berada,” ungkap Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response (GHR)-ACT, pada Kamis (29/7/2021).

Pembangunan Sumur Wakaf telah menjangkau Palestina, Suriah, Yaman, Mali, Ghana, Kenya, Somalia, Uganda, Myanmar, dan Bangladesh. Terhitung lebih dari 37 ribu kepala keluarga tidak lagi kesulitan memperoleh akses air bersih dan laik minum.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas pencapaian ini, yang mana 129 sumur wakaf telah tersebar di 10 negara penerima manfaat.Tentu bahagia dan haru begitu terasa saat air Sumur Wakaf berhasil mengalirkan manfaat untuk mereka,” tutur Firdaus.

Firdaus menambahkan, pembangunan sumur wakaf tidak terlepas dari dukungan masyarakat Indonesia yang telah menyisihkan hartanya melalui Global Wakaf-ACT. “Keberhasilan ini sekaligus tanda akan besarnya kepedulian masyarakat Indonesia kepada saudara-saudara kita nan jauh di sana. Jarak boleh jauh, namun manfaat wakaf akan menjadikan kepedulian kita semakin dekat,” tambah Firdaus.[]