Sumur Wakaf yang Dinanti Warga Dusun Karangtalun, Bantul

Dusun Karangtalun, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta kerap kesulitan air bersih. Pada tahun lalu bahkan 90% sumur yang dimilikki warga mengakami kekeringan. Untuk itu, Global Wakaf - Aksi Cepat Tanggap (ACT) berikhtiar membersamai warga melalui Sumur Wakaf. (ACTNews)

Seorang warga sedang memanfaatkan air dari Sumur Wakaf di Dusun Karangtalun. (ACTNews)

ACTNews, BANTUL – Sebagian besar warga Dusun Karangtalun, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta memiliki sumur gali dengan kedalaman 10-25 meter, dan ketika musim penghujan sumur-sumur ini teraliri air. Sedangkan ketika musim kemarau sumur-sumur warga mengering.

“Pada kemarau 2019 misalnya, 90% sumur warga sudah kering sejak bulan Agustus. Warga saat itu mengandalkan bantuan dari dropping (air) dan mengambil air dari dusun sebelah yang terletak lebih landai,” ujar Kharis Pradana dari Tim Program Global Wakaf - ACT DI Yogyakarta.

Selain sumber untuk mengambil air sulit, medan yang perlu ditempuh pun cukup sukar. Sehingga keberadaan sumur yang mengalirkan air di Padukuhan Karangtalun sangat dinanti-nantikan oleh warga. Seperti halnya masyarakat di sekitar Masjid Al-Hidayah, yang terletak paling tinggi se-Kelurahan Wukirsari.


Dengan topografi wilayah yang berbukit terjal, sedikit sulit untuk bisa mencapai lokasi. Masjid ini memiliki 80 jamaah aktif yang 10 di antaranya adalah lansia. Selain untuk salat 5 waktu, di masjid ini juga rutin diadakan pengajian warga. Kondisi MCK dan tempat wudu yang ada di Masjid Al-Hidayah walaupun tergolong cukup baik. Namun, kekeringan terus melanda masjid ini tiap musim kemarau tiba. Sehingga, kebersihannya kurang terjaga,” ujar Kharis.

Global Wakaf – ACT berikhtiar mempermudah akses air bersih ke dusun ini dengan menghadirkan satu unit Sumur Wakaf di Masjid Al-Hidayah. Sumur tersebut telah rampung dan dapat digunakan sejak 11 Mei 2020 lalu. Susilo Hapsoro, salah seorang warga, mengucapkan terima kasihnya kepada berbagai pihak yang telah menghadirkan Sumur Wakaf.


Proses pembangunan Sumur Wakaf di Dusun Karangtalun. (ACTNews)

“Insyaallah bantuan ini berkah dan bermanfaat. di Desa Wukirsari sendiri setiap musim kemarau ada beberapa wilayah yang kekeringan dan mengandalkan bantuan air bersih dari tangki swasta, termasuk salah satunya Dusun Karangtalun. Insyaallah dengan dibangunnya sumur di sini, tidak ada lagi warga saya yang kekurangan air bersih di Karangtalun. Terima kasih kami sampaikan kepada Global Wakaf dan donatur,” ungkapnya.

Untuk terus meluaskan manfaat Sumur Wakaf, khususnya di daerah DI Yogyakarta, Kharis mengajak para dermawan untuk mendukung pembangunan Sumur Wakaf lain ke depannya. “Kami mengharapkan bantuan para wakif dermawan dalam pembangunan Sumur Wakaf ke depannya. Bantuan terbaik dapat disalurkan melalui BNI Syariah di nomor 1010000171 atau melalui situs Indonesia Dermawan,” ajak Kharis. []