Syarat Zakat Mal Menjadi Wajib

Seseorang wajib membayar zakat mal jika memenuhi dua persyaratan.

Ilustrasi. 2 syarat zakat mal Menjadi wajib
Ilustrasi. 2 syarat zakat mal Menjadi wajib

ACTNews, JAKARTA — Zakat adalah rukun Islam yang ke empat. Zakat terbagi ke dalam dua jenis, yakni zakat mal dan zakat fitrah. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah, apakah semua muslim wajib membayar zakat? Apa saja syaratnya?

Kali ini, ACTNews berkesempatan mendapatkan jawabannya dari Dewan Syariah ACT Ustaz Bobby Herwibowo. Ustaz yang akrab disapa Usbob ini pun menjelaskan bahwa zakat menjadi wajib saat seseorang telah memenuhi dua syarat, yaitu nisab dan haul. Besaran yang harus ditunaikan ialah 2,5 persen dari nilai harta tersebut.

Nisab sendiri memiliki arti batas minimal harta yang kena zakat. Sedangkan haul berkaitan dengan waktu kepemilihan harta, yaitu satu tahun.  

Zakat Mal

Ustaz Bobby Herwibowo menjelaskan, untuk zakat mal, seorang muslim harus menunaikannya ketika batas minimal harta (nisab) dan waktunya (haul) telah memenuhi syarat. Semisal, tabungan atau deposito yang setara harga 85 gram emas, maka seorang muslim wajib membayar zakat mal atas hartanya.

“85 gram emas inilah yang disebut nisab, sedangkan haulnya adalah satu tahun kepemilikan harta tersebut,” jelas Usbob.

Yang perlu diperhatikan ialah dua syarat tersebut harus dipenuhi. Jadi, jika seorang muslim memiliki harta setara harga 85 gram emas atau lebih tetapi belum mencapai haul yaitu periode satu tahun, maka tidak wajib membayar zakat mal, begitupun sebaliknya.

"Jika harta sudah capai nisab dan sudah memenuhi periode satu tahun, maka wajib seorang muslim mengeluarkan zakat senilai 2,5 persen dari total harta. Hal ini berlaku pada harta seperti tabungan, deposito, saham perusahaan, dan perdagangan. Sementara pertanian dan peternakan memiliki hitungan yang berbeda,” jelas Usbob.

Sebagai contoh zakat atas tabungan, pastikan tanggal kapan membuka rekening. Misal pembukaan rekening pada tanggal 19 April 2021, lalu pada tanggal 19 April 2022 saldo tabungan mencapai nisab 85 gram emas.

"Jika setara atau lebih (85 gram emas), wajib dikeluarkan zakatnya 2,5 persen. Namun jika belum sampai nisab, tidak wajib menunaikan zakatnya," tambah Usbob.

Zakat Fitrah

Berbeda dengan zakat mal, zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap muslim yang masih hidup, baik merdeka atau budak, pria atau wanita, dewasa maupun anak-anak, bahkan bayi sekalipun.

"Bagaimana dengan orang miskin? Seperti disebutkan dalam hadis, budak wajib untuk menunaikan zakat fitrah. Demikian juga orang miskin, ia wajib bayar zakat fitrah sesuai kemampuan yang ia memiliki," kata Ustaz Bobby.

Mengenai kewajiban membayar zakat fitrah, selengkapnya dapat dibaca di sini []