Syukur Ayuningtyas Terima Pinjaman Tabung Oksigen ACT

“Selalu dipantau (oleh Tim MCS) kalau oksigen (dalam tabung) habis, nanti diisi ulang lagi. Dokter dan apoteker cepat (kirim) obat-obatannya. Kalau hari ini (telepon), responnya langsung datang,” ungkap Ayuningtyas, salah satu penerima manfaat dari layanan Covid-19 Medical Careline Services ACT.

Kini kondisi kesehatan Ayahanda dari Ayuningtyas telah membaik usai mendapatkan peminjaman tabung oksigen dari Covid-19 Medical Careline Services. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Kesulitan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan kala menjalani isolasi mandiri Covid-19 masih kerap ditemukan. Hal ini menjadi pemicu lahirnya program telemedisin Covid-19 Medical Careline Services (MCS) dari Aksi Cepat Tanggap (ACT). Melalui program ini, ACT berikhtiar memberikan pelayanan kesehatan terbaik tanpa memungut biaya sepeser pun.

Layanan ini meliputi konsultasi kesehatan dengan dokter, bantuan ambulans, pemberian layanan home care oleh tim medis, peminjaman tabung oksigen, dan pemberian obat-obatan yang diantar langsung ke rumah pasien.

Fasilitas itu yang dirasakan Ayuningtyas, salah seorang pasien yang sangat membutuhkan tabung oksigen untuk Ayahandanya. “Ayah saya isolasi mandiri. Saat itu membutuhkan bantuan oksigen. Saya juga cari tabung oksigen di mana-mana kosong. Pas di Cipinang, ketemu sama ibu-ibu yang menyarankan bisa pinjam ke ACT. Saya coba telepon,” ungkapnya, Rabu (4/8/2021).

Ia mengaku, saat itu langsung menelepon ACT dan di hari yang sama, tabung oksigen pinjaman segera datang. Warga Pondok Gede, Jakarta Timur, itu mengungkapkan, tim Covid-19 Medical Careline Services ACT selalu memberikan respons yang cepat dan sigap dalam memantau kondisi kesehatan sang Ayah dan selalu memastikan ketersediaan tabung oksigen.

"Selalu dipantau (oleh Tim MCS) kalau oksigen (dalam tabung) habis, nanti diisi ulang lagi. Dokter dan apoteker cepat (kirim) obat-obatannya. Kalau hari ini (telepon), responnya langsung datang, Alhamdulillah, ayah sekarang sudah lebih baik kondisinya,” jelas Ayuningtyas.

Kebermanfaatan layanan telemedisin Covid-19 Medical Careline Services ACT pun telah dirasakan 16.041 pasien penerima manfaat per tanggal 10 Agustus 2021.[]