Syukur Hasan, Warga Palestina yang Rumahnya Direnovasi

Rumah milik Hasan di daerah Al-Remal, Gaza yang hancur karena serangan Israel, kini telah dibangun ulang oleh Sahabat Dermawan melalui ACT. Tidak hanya renovasi, Hasan juga turut menerima sejumlah furnitur untuk rumah barunya.

renovasi rumah palestina
Rumah Hasan yang telah direnovasi tim ACT. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Hasan Abdurrahim Muhammad Asskeik merupakan salah warga Palestina yang bermukim di Gaza. Kepada tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Palestina, ia menceritakan bahwa rumahnya yang berlokasi di daerah Al-Remal, telah hancur saat agresi zionis Israel ke Gaza, Mei lalu.

"Semua bagian rumah saya hancur. Dari kaca dan jendelanya, pintu, toilet, hingga dapur. Dinding kamar anak-anak saya dan atapnya juga roboh. Mayoritas barang-barang juga hancur. Balkon dekat kamar anak saya telah runtuh, saya khawatir anak-anak saya bisa langsung jatuh jika tidak hati-hati," cerita Hasan.

Untuk meringankan beban Hasan, tim ACT dan Sahabat Dermawan membangun kembali rumahnya. Pada 21 Agustus lalu, proses pembangun pun dimulai. Puing-puing yang berserakan dibersihkan, dinding yang sudah rapuh dirobohkan untuk pembangunan dinding baru yang kokoh.


Tim ACT turut memberikan sejumlah furnitur untuk mendukung kehidupan Hasan dan keluarga di rumahnya. (ACTNews) 

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT menerangkan, proses pembangunan juga meliputi penggantian lantai, renovasi toilet, pemasangan pintu dan Pasokan listrik juga dipasang panel surya. Sehingga keluarga Hasan, mampu memiliki listrik mandiri dan tak khawatir lagi kekurangan listrik akibat blokade Israel.

"Alhamdulillah proses pembangunan sudah rampung pada pertengahan September lalu," jelas Said pada Selasa (28/9/2021).[]