Syukur Nelayan Kampung Nggeok Nikmati Daging Kala Iduladha

Amin Kedeng (50) pencari ikan dari kampung Nggeok pun amat bersyukur. Daging kurban sampai ke kampungnya. Menurut Amin, keluarga nelayan sangat jarang mengonsumsi daging sapi. “Itu saja pas pesta,” akunya.

Amin Kendeng (tengah), nelayan Kampung Nggeok, Kecamatan Kota Nduga, Manggarai Timur, bersama anak-anak desa menerima daging kurban dari Global Qurban - ACT tahun 2019. (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, MANGGARAI TIMUR – Tidak ada pesta, namun dapat dipastikan sore 12 Dzulhijah itu keluarga Amin Kendeng (50) mendapat bagian daging sapi. Hidangan yang amat jarang mereka nikmati kecuali saat perjamuan resepsi. Senin (12/8), Tim Global Qurban – ACT mengantarkan seekor sapi untuk warga kampung Nggeok, Kecamatan Kota Nduga, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

Diakui Amin, daging sapi amat jarang dikonsumsi warga nelayan Kampung Nggeok. Mereka pun bersyukur dengan kehadiran kurban para dermawan yang sampai di desa mereka. “Alhamdulillah, bisa makan daging. Itu saja pas pesta,” katanya.

Amin sehari-hari menombak ikan dengan panah buatan sendiri. Hasil tangkapan pun dijualnya ke pasar, dengan pendapatan sekitar Rp50 ribu yang ia gunakan untuk makan bersama keluarga. Dalam sehari, ia harus berjalan sekitar 500 meter ke dermaga dan berenang menyusuri pantai hingga beberapa kilometer.

Sebab itu, datangnya daging kurban hari itu juga disyukuri keluarga Amin. Rukayah Ibrahim (47), istri Amin, berencana memasak rendang dan kering daging sapi yang mereka peroleh. "Syukur alhamdulillah ada bantuan seperti ini," tutur Rukayah.

Koordinator Global Qurban - ACT di Kabupaten Manggarai Timur Danu Putra Anugrah mengatakan, masyarakat nelayan menjadi salah satu sasaran pendistribusian kurban di wilayah tersebut. Selain karena profesi, daerah Kampung Nggeok juga mengalami kekeringan. Para warga lebih memilih membeli air kemasan isi ulang untuk minum dan makan.

“Kami berharap, kehadiran Global Qurban juga memunculkan kebahagiaan di perayaan Iduladha ini,” ungkap Danu.

Selain di Kota Nduga, pendistribusian kurban di Manggarai Timur juga sampai ke Kecamatan Elar dan Sambi Rampas. Perayaan Iduladha di Manggarai Timur ditutup dengan semangat persaudaraan. Umat lintas agama pun tidak jarang turut menikmati hidangan kurban bersama-sama.

Tahun ini, Global Qurban - ACT akan kembali menjangkau wilayah-wilayah tepian negeri, meluaskan nikmat kurban di masa pandemi ini. "Insyaallah amanah pekurban akan kami distribusikan juga ke pelosok negeri. Semoga Zulhijah mendatang makin banyak dermawan yang ikut meluaskan maslahat kurban untuk saudara-saudara kita di tepian negeri," ungkap Danu, Senin (20/7). []