Syukuran Qurban Turut Mengedukasi Siswa tentang Keutamaan Berkurban

Selain dagingnya bermanfaat buat siswa, guru, dan warga sekitar, kegiatan Syukuran Qurban yang diadakan di Sekolah Al-Abrar, Kabupaten Kampar ini juga menghadirkan nilai edukasi kurban kepada para siswa.

Syukuran Qurban Turut Mengedukasi Siswa tentang Keutamaan Berkurban' photo

ACTNews, KAMPAR - Gema takbir bersahut-sahut dari masjid sekolah. Beberapa siswa senang mondar-mandir di dekat lapangan tempat empat ekor sapi berada. Layaknya anak-anak yang penuh rasa ingin tahu, mereka memerhatikan sapi tersebut dengan saksama. Mereka sesekali memberikan rumput-rumput, berharap sapi itu akan memakannya.

Daging dari keempat ekor sapi itu juga yang kemudian menjadi kebahagiaan siswa-siswi di MI dan SMP Terpadu Al-Abrar. Melalui Syukuran Qurban yang bertajuk ‘Qurbanku Hasanahku’, Global Qurban bersama dengan BNI Syariah Kantor Cabang Panem Arengka, mengantarkan kebaikan para dermawan ke sekolah yang berada di Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau itu.

Selain dimasak dalam acara Syukuran Qurban, daging-daging kurban juga didistribusikan kepada para siswa dan guru sekolahnya. Selain itu, masyarakat sekitar sekolah juga mendapatkan distribusi daging kurban itu.

“Alhamdulillah, 125 paket daging kurban ini akan kita didistribusikan juga kepada para siswa, beserta majelis gurunya, serta masyarakat sekitar,” kata Benny Andrizal dari tim Global Qurban-ACT Riau, Rabu (14/8) silam.


Sambutan positif datang dari Dewi Pariani Mandahu selaku Kepala Sekolah MI dan SMP Terpadu Al-Abrar. Tidak hanya menyinggung soal daging, baginya, kegiatan ini juga bernilai edukasi untuk siswa-siswi yang berada di lingkungan sekolah. Jadi melalui program ini, mereka juga dapat termotivasi untuk mulai berkurban.

“Rasanya sangat bahagia sekali, karena baru tahun ini ada yang membuat program seperti ini di sekolah kami. Tentunya dengan adanya kegiatan ini, secara tidak langsung mampu mengedukasi para santri di sini untuk memotivasi diri mereka tentang keutamaan berkurban. Sehingga, anak-anak santri pun nantinya, berikhtihar untuk berkurban dalam bentuk tabungan kurban,” kata Dewi.

Untuk menyampaikan nilai edukasi kurban, dalam acara itu Global Qurban juga membarengi acara Syukuran Qurban dengan kegiatan menarik bagi para siswa. Kegiatan tersebut berupa pemberian hadiah kepada para siswa serta storytelling dari tim Global Qurban yang menceritakan tentang keutamaan tentang bersyukur dan kurban.