Syukuran Warga Sambut Sumur Wakaf di Dusun Plembutan

Hadirnya Sumur Wakaf di Plembutan diharapkan tuntaskan kekeringan.

ACTNews, GUNUNGKIDUL - Peresmian Sumur Wakaf di Dusun Plembutan Barat, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, pada Ahad (7/4) lalu, tidak hanya sekadar seremonial. Ada syukuran di lapangan Masjid Baiturrahman Plembutan hari itu, ekspresi dari kebahagiaan warga Dusun Plembutan yang terbiasa mengalami kekeringan.

“Ketika musim kemarau kami kesusahan memperoleh air bersih, sumur-sumur galian sudah mengering dan PDAM hanya mengalir sekali dalam sepekan. Bahkan ketika musim kemarau tahun kemarin cukup lama tidak mengalir,” ujar Sunardi selaku ketua RW setempat.

Demi memenuhi kebutuhan air ketika kemarau, warga Dusun Plembutan barat kerap membeli air bersih. Air-air ini dijual per satu tangki,  begitu yang dijelaskan oleh Kharis Perdana dari Tim Program Global Wakaf DI Yogyakarta, pada Senin (22/4).


“Biasanya mereka membeli satu tangki air kalau memang habis sama sekali. Per tangki air harganya Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu dan itu masih bisa dipakai untuk keperluan selama sekitar dua pekan per kepala keluarga,” ungkap Kharis.

Sumur Wakaf yang dibangun oleh Global Wakaf di Masjid Baiturrahman tersebut adalah sumur bor pertama yang dibangun di Dusun Plembutan Barat. Kharis mengungkapkan, biasanya warga hanya menggunakan sumur galian yang tidak begitu dalam, sehingga rawan kekeringan. Ia berharap, dengan dibangun menggunakan bor, sumur ini dapat bertahan lebih lama dari sumur galian warga.

“Dengan adanya keberadaan sumur wakaf ini, masyarakat yang biasanya mengalami kesusahan mendapat air bersih, tahun ini sudah lebih lega karena di dusun mereka sudah ada sumber air bersih, yang semoga akan terus mengalir meski memasuki musim kemarau,” kata Kharis.

Demikian juga dengan Sunardi. Menurut Sunardi, sumur ini tidak hanya bakal dimanfaatkan oleh jemaah masjid, tetapi juga oleh masyarakat secara umum untuk berbagai aktivitas.


”Kedepannya pemanfaatan sumur ini tidak hanya untuk kebutuhan dan aktivitas masjid, tapi juga untuk kebutuhan dan aktivitas sehari-hari warga, seperti air minum, minum ternak, dan juga untuk mengaliri perkebunan masyarakat,” imbuhnya. Sunardi dalam kesempatan itu juga mengapresiasi keberadaan Sumur Wakaf di Dusun Plembutan Barat.

“Kami menghaturkan terima kasih banyak kepada Global Wakaf. Semoga Global Wakaf selalu jaya dengan Ridho dan Izin-Nya. Saya selaku penyambung lidah warga Plembutan Barat sekali lagi mengucapkan terimakasih,” ungkap SUnardi. []