Tanpa Alasan, Militer Israel Kembali Menahan Warga Palestina

Awal April lalu, militer Israel kembali menangkap warga Palestina di Tepi Barat tanpa alasan. Korban kali ini adalah seorang ayah bernama Lu’ay Obaid (40) dan anaknya Faisal Obaid (16).

Ilustrasi. Penangkapan warga Palestina oleh militer Israel. (Dok. Reuters)

ACTNews, GAZA — Militer Israel kerap melakukan tindakan semena-mena terhadap warga Palestina. Pada Senin (5/4/2021) perbuatan tidak terpuji kembali dilakukan oleh militer Israel di Tepi Barat. Berdasarkan kabar mitra Aksi Cepat Tanggap di Gaza dan dilansir dari sejumlah media, korban adalah seorang ayah bernama Lu’ay Obaid (40) dan anaknya Faisal Obaid (16). Lu’ay dan Faisal di datangi militer Israel dan digiring dengan mata tertutup.

Seorang tetangganya yang merekam video penahanan paksa tersebut, menuturkan, ia tidak bisa berbuat apa-apa karena melihat tentara Israel dengan persenjataan lengkap dan jumlah anggota yang banyak. Jika ia memutuskan untuk memberikan bantuan, bisa jadi itu berakhir sia-sia. Peristiwa ini terjadi pada dini hari saat matahari belum menyingsing.

“Tidak ada alasan jelas mereka ditahan. Penahanan pemuda Palestina oleh militer Israel memang kerap dilakukan. Mereka menargetkan beberapa titik di Tepi Barat sebagai tempat operasi,” kata Said Mukaffiy dari Global Humanity Response-ACT. Sekitar 40 persen pria Palestina yang tinggal di wilayah pendudukan telah ditahan oleh Israel.[]