Tarhib Ramadan 1441 H, Ribuan Paket Pangan Dibagikan untuk Warga Jateng

Sejumlah 30.000 paket pangan menjadi target distribusi Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah pada Ramadan ini. Bantuan tersebut didistribusikan kepada warga Semarang, Solo, Purwokerto, dan Tegal.

Warga di TPA Jatibarang Semarang menerima paket beras Operasi Beras Gratis ACT-MRI Jateng, Selasa (21/4). (ACTNews)

ACTNews, SEMARANG – Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah dan Masyarakat Relawan Indonesia Jawa Tengah membagikan 1.000 paket pangan dalam rangka tarhib Ramadan dan membantu kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi corona, Selasa (21/4). Seremoni penyerahan bantuan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir Jatibarang, Semarang. Ratusan paket pangan itu merupakan langkah awal dari target 30.000 paket yang nantinya akan didistribusikan kepada sejumlah masyarakat di Jawa Tengah.

“Sebagai momentum awal, hari ini ACT menyalurkan seribu paket bantuan pangan di Kota Semarang. Bantuan pangan ini merupakan implementasi dari program Operasi Pangan Gratis (OPG) dan pembagian sembako atau Operasi Beras Gratis (OBG),” ungkap Kepala Cabang ACT Jawa Tengah Giyanto.

Sebanyak 361 paket beras dibagikan kepada warga yang bekerja sebagai pemulung di TPA Jatibarang. “Sesuai arahan pemerintah untuk tidak membuat kerumunan, tim relawan berkeliling ke rumah-rumah warga untuk memberikan bantuan,” tambah Giyanto.

Kepala Program ACT Jawa Tengah Hamas Rausyanfikr juga menjelaskan, selain di Semarang, ACT dan MRI Jawa Tengah juga bergerak di Solo, Purwokerto, dan Tegal untuk memberikan bantuan serupa. “Kami menargetkan untuk mendistribusikan 30.000 paket pangan untuk masyarakat Jawa Tengah pada awal Ramadan ini,” kata Hamas.

Sebagai upaya mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19, ACT dan MRI Jateng juga memberikan bantuan kepada para pahlawan medis. “Beberapa rumah sakit menghubungi ACT karena kekurangan alat pelindung diri. Menanggapi itu kita secara simultan memberikan bantuan masker, pelindung wajah, hand sanitizer, dan pakaian hazmat kepada rumah sakit yang sangat membutuhkan APD,” terangnya.

Lanjut Hamas, distribusi bantuan Selasa itu bertepatan dengan hari ulang tahun ke-15 ACT. Ia berharap langkah ACT dan MRI semakin banyak menuai dukungan dari elemen bangsa dalam membantu masyarakat prasejahtera. “Mari wujudkan semangat solidaritas bangsa di masa sulit seperti sekarang ini,” tutup Hamas.[]