Tazkia Jadi Relawan Kurban untuk Cari Kebahagiaan Berbagi

Dengan menjadi relawan Global Qurban - ACT pada Iduladha tahun 2019, Tazkia berkesempatan merasakan nikmatnya berbagi kepada saudara-saudara yang membutuhkan. Pengalaman ini mendorongnya untuk kembali berkontribusi sebagai relawan kurban paa tahun ini.

Tazkia sedang bertugas mendistribusikan daging kurban 2019 di Kampung Gunung Mareme, Bungursari, Kota Tasikmalaya. (ACTNews/Mahesa Fikri)

ACTNews, TASIKMALAYA – Tazkiyatun Nafsiah (27) selalu ingin mengulang euforia dan kebahagiaan sesaat setelah berbagi dengan orang lain. Panggilan hati itu sempat datang pada tahun 2019 lalu, bertepatan dengan Iduladha 1140 H.

“Sebelumnya saya pernah bergabung dan melakukan aksi sosial, dan itu ada rasa bahagia tersendiri saat bisa berbagi untuk sesama. Jadi ingin mengulang kembali euforia itu,” ungkap Tazki, panggilan akrabnya ketika bercerita pada Jumat (10/7) itu.

Bersama teman-temannya yang lain, Tazki kemudian bergabung menjadi relawan Global Qurban - ACT. Mereka berjuang membersamai masyarakat di momen hari raya Iduladha 1440 H, untuk menyampaikan amanah daging kurban kepada mereka yang membutuhkan di Tasikmalaya dan sekitarnya.

Salah satunya, mereka mengunjungi Kampung Munjul, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya dan Kampung Gunung Mareme, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Menurutnya, pengalaman yang diperoleh ini luar biasa. Terutama saat ia bisa berinteraksi langsung dengan penerima manfaat.


Tazki sedang berinteraksi dengan penerima manfaat anak-anak. (ACTNews/Mahesa Fikri)

“Ini jadi pengalaman luar biasa, bisa interaksi dengan penerimanya langsung. Di mana ini juga menjadi pengingat untuk tetap bersyukur dan jangan mengeluh atas apa yang telah diberikan-Nya kepada kita. Karena ternyata masih ada saudara kita yang ujiannya lebih berat,” tambah Tazki.

Dengan adanya pandemi Covid-19, tentu akan ada perbedaan dalam perayaan Iduadha pada tahun ini. Apalagi bertambah banyaknya masyarakat yang membutuhkan akibat pandemi. Setelah aktif menjadi relawan di tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) bersama ACT, Tazki berharap aksinya bersama Global Qurban – ACT tahun ini dapat menjawab persoalan tersebut.


“Sepertinya akan berbeda dengan tahun kemarin, karena kan sekarang kita masih pada masa pandemi  Covid-19. Tentu dengan harapan bahwa hadirnya program Global Qurban – ACT ini bisa menjawab semua permasalahan umat sekarang. Dari mulai menjawab permasalahan rawan pangan hingga pemberdayaan untuk saudara sebangsa khususnya yang terkena dampak ekonomi dari pandemi Covid-19,” ungkapnya kepada tim ACT Tasikmalaya.

Hadirnya para relawan di momen Iduladha ini sangat dibutuhkan. Apreasiasi pun diberikan oleh Muhammad Fauzi Ridwan dari Tim Program Global Qurban - ACT Tasikmalaya, “Luar biasa alhamdulillah, sebelumnya saya sampaikan apresiasi kepada seluruh relawan Global Qurban - ACT yang turut andil di Iduladha tahun lalu. Kami pun mengajak yang lainnya untuk sama-sama memberikan kontribusi terbaiknya untuk umat di momen Iduladha tahun ini, tak terkecuali berkurban untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan,” harap Fauzi. []