Tebar Keberkahan dengan Sedekah Pangan di Tanah Bumbu

Bersama Komunitas Fastabiqul Khairat (KFK), MRI-ACT Kalimantan Selatan membersamai warga di Desa Batarang, lokasi pascabanjir Tanah Bumbu.

Tebar Keberkahan dengan Sedekah Pangan di Tanah Bumbu' photo

ACTNews, TANAH BUMBU – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan terus meluaskan kebaikan di Tanah Bumbu. Banjir yang sudah mulai surut sejak Sabtu (15/6), tidak kemudian menyurutkan langkah relawan untuk terus siaga melakukan pemantauan.


Bersama Komunitas Fastabiqul Khairat (KFK), MRI-ACT Kalsel membersamai warga di Desa Batarang Kecamatan Kusan Hilir lewat aksi sedekah pangan, Jumat (21/6). Sebanyak 190 paket pangan yang berisi roti dan air mineral dibagikan kepada jemaah Masjid Darul Muttaqien yang juga terkena dampak banjir.  


“Hari jumat bagi umat muslim adalah hari yang mulia, maka ikhtiar kami untuk menebar berkah dengan berbagi sedekah,” ujar Koordinator Aksi Deni Erwin.


Selain beraksi di Desa Batarang, tim MRI-ACT Kalsel dan KFK juga menyambangi satu per satu rumah para lansia di Desa Batuah untuk memberikan nasi bungkus. Salah satunya nenek Lamsiah yang sudah berusia 74 tahun. “Makasih banyak lah, mudahan berkah dunia akhirat, terima kasih sudah perhatian,” tutur Lamsiah.




Sementara Deni yang mengenal baik Lamsiah dan para lansia di Desa Batuah mengungkapkan harapan, ““Kami berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan rutin dengan menghadirkan sedekah terbaik karena para lansia ini perlu perhatian dari kita semua.”


Kolaborasi antara MRI-ACT Kalsel Tanah Bumbu dengan KFK tidak hanya sekali. Sebelumnya tercatat keduanya sudah bersinergi dalam penanganan banjir Tanah Bumbu. Sebanyak 400 keluarga terdampak telah dibantu dengan bantuan berupa pangan dan sandang, hasil kolaborasi tersebut.


Ketua MRI Tanah Bumbu Anjar Sufangat mengapresiasi semangat para anggota KFK. “Dengan adanya dukungan dari KFK, MRI-ACT  Kalsel bisa bergerak cepat membantu warga terdampak banjir. Terima kasih atas kerja sama ini dan insyaallah kami akan terus bersinergi,” ujar Anjar.


Banjir besar di Kabupaten Tanah Bumbu pada Sabtu (9/6) lalu, menyebabkan tujuh kecamatan terdampak. MRI-ACT Kalsel bersama KFK bergerak cepat sejak hari pertama dengan mengantarkan pangan ke titik-titik pengungsian dan rumah-rumah warga yang terendam banjir. []

Bagikan