Terbar Kebaikan Ramadan Bersama Berbagai Komunitas

Ramadan tahun ini istimewa, selain karena bulan yang suci, juga bertepatan dengan mewabahnya virus Corona. Menanggapi kondisi ini, ACT menggandeng berbagai komunitas di Balikpapan untuk menghadirkan manfaat bagi masyarakat.

1
Pendistribusian sajian iftar di Balikpapan oleh relawan ACT bersama berbagai komunitas. (ACTNews)

ACTNews, BALIKPAPAN – Perjalanan menuju dua tahun pandemi Covid-19 tengah dilakukan masyarakat Indonesia. Sejak awal virus mematikan ini mewabah di seantero Nusantara, berbagai sektor terdampak. Mulai pendidikan, transportasi dan yang paling dirasa besar dampaknya ialah ekonomi yang berpengaruh besar terhadap pemenuhan pangan.

Melihat kondisi yang berlarut-larut ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggandeng berbagai komunitas lokal di Balikpapan untuk bergerak bersama melakukan kebaikan. Seperti pada Rabu (21/4/2021), 2500 porsi hidangan iftar terdistribusi di wilayah Balikpapan, padahal awalnya hanya ditargetkan tersaji 2 ribu paket makanan saja.

“Saya senang sekali masyarakat Balikpapan sangat menyambut positif kegiatan kemanusiaan seperti ini. Insyaallah dengan hal kecil, kita bisa memotivasi yang lain untuk berbuat kebaikan lebih banyak lagi,” harap Alfa dari Komunitas Sijum Balikpapan.

Kolaborasi kebaikan ini dilakukan ACT Kaltim dengan 31 komunitas lokal. Tak sekadar pembagian hidangan iftar gratis, akan tetapi, aksi tersebut ingin menyampaikan pesan gotong royong ke masyarakat untuk bersama-sama kuat menghadapi ujian di tengah pandemi dan Ramadan.

Abdul Khaidir dari tim Program ACT Kaltim menyambut baik hadirnya kolaborasi yang melibatkan komunitas lokal tersebut. Terlebih, saat ini merupakan momen Ramadan, di mana bulan suci yang penuh berkah, juga berbarengan dengan masih mewabahnya virus Covid-19.

“ACT Kaltim sendiri terus membuka kesempatan untuk masyarakat menyalurkan sedekah terbaiknya. Amanah ini bakal kami sampaikan ke penerima manfaat untuk menemani mereka di tengah kondisi sulit,” jelas Khadir.[]