Tholabie Organic Farming Wujudkan Kedaulatan Pangan Bangsa

Bersama Kodim 0833 Kota Malang, ACT mendukung program pertanian organik Pesantren Manajer Tholabie, Malang. Harapannya, lewat program ini mampun mendukung agenda kedaulatan pangan bangsa.

Proses penanaman di Kampung Baran, Buring, Kedungkandang, Malang. (ACTNews)

ACTNews, MALANG Isu kedualatan pangan menjadi konsentrasi dan program yang dilakukan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sejak lama. Program seperti Wakaf Sawah Produktif, aktivasi lumbung pangan, akses permodalan bagi petani prasejahtera, hingga distribusi paket pangan  telah diberikan. Yang terbaru, di Malang, ACT mendukung Pesantren Manajer Tholabie, Malang, yang memiliki program berbasis pangan.

Dengan mengangkat tema besar “Tholabie Organic Farming”, ACT Malang bersama Kodim 0833 Kota Malang menggelar aksi kebaikan bersama santri dan relawan MRI Malang Raya di Kampung Baran, Buring, Kedungkandang, akhir Juni ini. Dengan membawa spirit “Membangun Kedaulatan dan Kesehatan Pangan Bangsa untuk Kebermanfaatan Tanpa Batas”, dilakukan penanaman serta pembagian bibit ke warga.

Semua warga di Kampung Baran mendapatkan bibit kangkung untuk dibudidayakan sehingga bisa menyediakan kebutuhan sayur di masing-masing keluarga. Harapannya, kebutuhan pangan bisa dipenuhi secara mandiri. Selain itu, konsep budi daya yang dilakukan semuanya bersifat organik.

Selain disebarkan ke warga Baran, Pesantren Tholabie juga mengembangkan dan membudidayakan kangkung secara mandiri. Kangkung dipilih karena budi dayanya sangat mudah, tapi tetap memiliki nilai yang sangat tinggi sehingga tetap dibutuhkan.

“Program ini punya napas panjang, karena kebutuhan pangan merupakan hal pokok untuk dipenuhi. Harapannya, ini menjadi pendukung membangun kedaulatan pangan bangsa,” ungkap Ustaz Nuril, Pangasuh Pesantren Manajer Tholabie.

Kepala Cabang ACT Malang Iqrok Wahyu Perdana mengatakan, sebagai lembaga kemanusiaan, ACT juga fokus pada urusan pangan masyarakat. Lewat berbagai program dan kolaborasi kemanusiaan, ACT bersama masyarakat Indonesia menghadirkan yang terbaik. “Ini merupakan salah satu spirit yang sama bersama Tholabie untuk terus mewujudkan kedaulatan pangan bangsa. Sehingga tidak ada lagi cerita warga kelaparan karena tidak ada yang dimakan,” kata Iqrok.[]