Tiba di Lumajang, Bantuan Kemanusiaan Dermawan Segera Didistribusikan

Bantuan terbaik dari demawan tiba di Lumajang dan siap disalurkan kepada penyintas letusan Semeru yang tersebar di berbagai titik pengungsian.

bantuan kemanusiaan ACT Semeru
Bantuan kemanusiaan ACT untuk korban letusan Gunung Semeru. (ACTNews)

ACTNews, LUMAJANG Selasa (7/12/2021) malam, bantuan kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang digalang bersama dermawan yang diberangkatkan dari Waqf Distribution Center, Kabupaten Bogor tiba di Lumajang. Truk logistik yang membawa sedekah terbaik masyarakat ini menurunkan muatannya di Posko Induk Kemanusiaan ACT di Candipuro sebelum didistribusikan langsung ke penyintas letusan Semeru di berbagai titik.

Relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jember, Hasan mengatakan, bantuan secara bertahap mulai tersalurkan kepada para penyintas. Hal ini mengingat, bantuan kemanusiaan mendesak untuk dipenuhi, khususnya pangan.

"Alhamdulillah, sejak semalam barang sudah masuk ke Posko Candipuro dan hari ini sudah mulai disalurkan kepada penyintas erupsi Gunung Semeru," jelasnya, Rabu (8/12/2021). 

Selain ke Posko Kemanusiaan ACT di Candipuro, bantuan kemanusiaan tersebut juga dipasok untuk penyintas yang masuk wilayah kerja Posko Kemanusiaan ACT di Pronojiwo. Nantinya, armada-armada leboh kecil seperti mobil bak terbuka, motor atau kendaraan berpenggerak empat roda akan digunakan tim relawan ACT menjangkau penyintas untuk didistribusikan bantuan.

"Bantuan ini (pangan) memang sangat mendesak untuk dipenuhi, karena belum kondusifnya situasi dan keadaan yang serba terbatas, sehingga penyintas menggantungkan pada bantuan kemanusiaan,” tambah Hasan.

Untuk diketahui, bantuan yang dikirimkan dari Waqf Distribution Center berupa berton-ton Beras Wakaf, ribuan karton Air Minum Wakaf serta 10 ton daging ayam beku. Selain itu, pelayanan kepada penyintas untuk urusan pangan juga telah ACT hadirkan melalui armada Humanity Food Bus dan Humanity Food Truck.[]