Tiba di Mamuju, Armada Kemanusiaan ACT Segera Layani Penyintas Gempa Sulbar

Selepas menempuh perjalanan lebih dari 10 jam dari Makassar, Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck tiba di Posko Induk Kemanusiaan ACT di Mamuju. Nantinya, armada ini bakal melayani para penyintas bencana di Mamuju dan Majene.

Tiba di Mamuju, Armada Kemanusiaan ACT Segera Layani Penyintas Gempa Sulbar' photo
Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck tiba di depan Posko Induk Kemanusiaan ACT di Mamuju, Jumat (22/1/2021) malam. Armada ini bakal mendukung urusan pangan para penyintas bencana di Sulawesi Barat. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, MAMUJU –Setelah menempuh perjalanan laut dan darat dari Jakarta, armada kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck tiba di Posko Induk Kemanusiaan ACT di Mamuju, Sulawesi Barat. Truk berdapur dan pembawa air bersih ini tiba di Mamuju pada Jumat (22/1/2021) sekitar pukul 19.30 WITA dan bakal melakukan misi kemanusiaan di wilayah bencana Sulbar, khususnya Mamuju dan Majene. Aksi melalui kendaraan berbobot berat ini bakal memenuhi kebutuhan pangan para penyintas bencana menuju masa pemulihan.

Intishor Jundi, Koordinator Armada Kemanusiaan ACT mengatakan, Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck segera melayani warga Sulbar semaksimal mungkin. Sasarannya ialah para pengungsi dan penyintas yang sudah kembali ke rumah masing-masing. Hadirnya armada ini pun mengingat kebutuhan pangan masih mendesak di wilayah bencana Sulbar.

"Pelayanan Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck akan digelar selama warga Sulbar membutuhkan bantuan. Tentunya layanan ini pun tak lepas dari peran serta dermawan," jelas Jundi, Jumat (22/1/2021).

Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck akan menggelar aksinya setiap hari. Untuk distribusi air, akan didukung dengan kendaraan pembawa air yang lebih kecil agar mampu menjangkau wilayah yang sulit didatangi oleh Humanity Water Truck. Sedangkan Humanity Food Truck akan menghadirkan makanan siap santap hingga seribu porsi dalam sehari.

"Warga terdampak bencana saat ini masih menunggu uluran tangan kita. ACT sendiri akan mendampingi para penyintas semaksimal mungkin atas dukungan dermawan," tambah Jundi.

Selain Humanity Food Truck dan Humanity Water Truck, ACT juga tengah mendatangkan Ambulans Pre-hospital untuk memberikan pelayanan kesehatan hingga pendampingan psikososial. Armada mobil kabin ganda pun telah hadir untuk mendukung proses distribusi logistik ke penyintas yang rata-rata mengungsi di perbukitan yang sulit diakses dengan kendaraan pada umumnya.[]