Tidak Berkemanusiaan, Pasukan Israel Perintahkan Anjing Militer Tangkap Warga Palestina

Israel kerap menyalahgunakan anjing militer untuk menangkap warga Palestina. Mailk Maala salah satu korbannya, ia diserang oleh anjing milik pasukan Israel meski tidak pernah memberikan perlawanan saat ditangkap.

anjing israel serang palestina
Anjing militer pasukan Israel yang menyerang warga Palestina. (Dokumen Istimewa)

ACTNews, TEPI BARAT – Pasukan Israel sering menyalahgunakan anjing militer yang ganas untuk menangkap warga Palestina. Pekan lalu, seorang warga Palestina di Tepi Barat, Mailk Maala (19) ditangkap tanpa alasan yang jelas di tempat kerjanya di Kota al-Bireh.

Malik yang sadar ada pasukan Israel yang mendekatinya, mencoba pasrah dengan mengangkat kedua tangannya ke udara. Namun, alih-alih menangkap Malik yang sudah menyerah dengan baik, pasukan Israel justru melepaskan anjing militer.

Beberapa saat setelah dilepaskan, anjing itu menyerang Malik dengan ganas. Pasukan Israel hanya mendiamkan peristiwa mengerikan tersebut selama beberapa saat sebelum akhirnya menangkap Malik.

Menanggapi peristiwa tersebut, Otoritas Palestina memberikan pernyataan bahwa pihaknya mengutuk penangkapan yang kejam dan mengerikan tersebut. Otoritas Palestina menyebut yang dilakukan pasukan Israel merupakan tindakan barbar dan tidak manusiawi.

"Ini adalah bukti lain yang menunjukkan sikap penjajahan Israel yang mengerikan, bertujuan menghancurkan harapan rakyat Palestina untuk membangun masa depan yang sukses dan stabil," kata otoritas tersebut yang menyerukan agar berbagai organisasi hak asasi manusia untuk turut menyoroti kasus ini.

Malik diketahui bekerja sebagai penjaga di fasilitas industri di al-Bireh. Ia bekerja untuk mengumpulkan uang demi bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Setelah ditangkap, Malik dibawa oleh pasukan Israel ke tempat yang belum diketahui hingga saat ini. Pihak keluarga Malik bahkan juga tidak diberi tahu kemana anak mereka dibawa. Pasukan Israel belum memberi tanggapan sama sekali atas penangkap ini.

Penggunaan anjing militer untuk menangkap warga Palestina telah pasukan Israel lakukan selama bertahun-tahun. Mereka tidak pernah pilih-pilih terhadap korbannya. Sering kali  pasukan Israel membiarkan anjingnya menyerang wanita tua, remaja, hingga anak-anak Palestina.[]