Tiga Armada Humanity Food Truck Siap Berkeliling Palestina Selama Ramadan

Pembersihan dan peremajaan tengah dilakukan ke armada Humanity Food Truck milik Indonesia di Gaza. Armada ini diharapkan secara optimal menyediakan layanan makan gratis untuk sahur dan berbuka ribuan warga Gaza.

Tim ACT Palestina menyiapkan armada Humanity Food Truck untuk berkeliling Gaza selama Ramadan. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Indonesia memiliki tiga armada Humanity Food Truck di Gaza, Palestina. Ketiga unit tersebut didatangkan di tahun yang berbeda, yakni di tahun 2020, 2021, dan yang terbaru adalah pada Maret 2022. Pada Ramadan tahun ini, tim ACT Palestina akan mengoperasikan ketiga unit armada tersebut untuk memberikan santapan gratis ke warga Gaza saat sahur maupun berbuka puasa.

Humanity Food Truck merupakan armada yang memiliki dapur modern di dalamnya. Tim ACT dapat mengolah dan memasak langsung di dalam armada tersebut. Truk bisa langsung berkeliling untuk mendistribusikan hasil masakannya. Dalam sekali distribusi, tiap armada dapat membagikan hingga 2.000 makanan siap saji.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Network ACT menjelaskan, armada dengan panjang lebih dari 8 meter dan berat 10 ton tersebut, tengah dalam tahap peremajaan dan pembersihan, meliputi servis mesin, penambahan ornamen Ramadan, dan pencucian seluruh bodi armada.

"Pembersihan dan peremajaan ini dilakukan agar ketiga armada ini siap untuk berkeliling Gaza selama 30 hari menyampaikan amanah dermawan untuk membagikan makanan gratis. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Gaza, khususnya di bulan Ramadan yang penuh berkah," kata Said, Senin (4/4/2022).

Meski nanti ribuan warga Gaza dapat terbantu dengan adanya bantaun makanan gratis ini, namun Said menjelaskan bahwa masih ada jutaan warga Gaza lainnya yang tidak tersentuh bantuan kemanusiaan selama Ramadan.

"Oleh karenanya, sudah menjadi tugas kita, sesama saudara muslim untuk membantu menjangkau sebanyak-banyaknya warga Palestina untuk menerima bantuan ini. Bagi masyarakat yang ingin ikut andil, bisa mengirimkan sedekah terbaiknya ke Palestina melalui laman Indonesiadermawan.id," ajak Said.

Pada Ramadan tahun ini, pangan merupakan salah satu kebutuhan yang sangat mendesak bagi warga Gaza. Program Pangan Dunia menyatakan bahwa pada 2021 ini, hampir tujuh dari sepuluh warga di Gaza termasuk masyarakat prasejahtera. Mereka tak memiliki anggaran untuk untuk membeli makanan yang cukup. Imbasnya, tingkat kerawanan pangan menjadi sangat tinggi. Tujuh dari sepuluh keluarga di Gaza mengalami kerawan pangan. []