Tiga Hari Pertama, Covid-19 Medical Careline Services Layani Lebih dari 4 Ribu Jiwa

Tiga hari pertama beroperasi, Covid-19 Medical Careline Services (MCS) ACT disambut antusias oleh masyarakat. Semua telepon masuk dari 13 kabupaten/kota dapat dilayani dengan baik dan tanpa biaya.

konsultasi covid gratis
Dokter dari Covid-19 MCL ACT sedang melakukan home visit ke rumah pasien di Jakarta Selatan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATANCovid-19 Medical Careline Services (MCS) dari ACT resmi melayani masyarakat sejak Selasa (6/7/2021). Tiga hari pertama, Covid-19 MCS telah melayani 861 keluarga atau 4.305 jiwa di 13 kabupaten/kota yang ada tiga provinsi dengan melibatkan 25 orang relawan. 

Koordinator Program Covid-19 MCS Dokter Arini Retno Palupi mengatakan, antusiasme masyarakat terhadap layanan telemedicine atau layanan medis melalui telepon ini sangat tinggi. Semua telepon masuk, sebanyak 861 dari tiga provinsi yang menjadi wilayah jangkauan dapat dilayani dengan baik. 

"Semua telepon yang masuk permintaannya berbeda. Ada yang konsultasi kesehatan, obat-obatan, keperluan ambulans, dan home visit atau pemeriksaan dokter langsung. Semua merasa puas karena respons yang diberikan cepat dan tidak dipungut biaya," ujar dr. Arini, Jum’at (9/7/2021). 

Dokter Arini melanjutkan, layanan konsultasi dokter dilakukan lewat telepon. Sementara untuk obat-obatan diantarkan langsung ke rumah melalui ojek daring. Untuk pasien gawat darurat yang memerlukan ambulans akan dirujuk ke pusat pelayanan kesehatan terdekat. 

Untuk saat ini, 13 wilayah yang telah terjangkau layanan kesehatan ini meliputi seluruh DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Kabupaten dan Kota Tangerang untuk Banten, serta Bodetabek untuk Jawa Barat.

"Permintaan untuk daerah lain, di luar Jabodetabek, sangat banyak. Insyaallah ke depan akan diperluas. Sehingga dapat menjangkau masyarakat yang saat ini kesulitan atau harus mengakses layanan medis akibat pandemi Covid-19 di banyak tempat. Mohon doa dan dukungannya," ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini. 

Covid-19 MCL merupakan layanan telemedicine atau layanan kesehatan yang dapat diakses dari rumah melalui telepon ke nomor 021-2940-7165. Masyarakat bisa mengaksesnya secara gratis pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Layanan yang diberikan berupa konsultasi kesehatan, obat-obatan, ambulans, serta home visit.[]