Tiga Kantung Beras Amanah Dermawan Bahagiakan Erna

Sebelum memulai perjalanannya menjajakan kerupuk keliling Kota Bengkulu, Erna mampir ke Lumbung Sedekah Pangan yang ada di depan kantor ACT Bengkulu. Ia semringah bisa memperoleh beras untuk makan keesokan harinya.

Erna sedang memilih beras yang ada di Lumbung Sedekah Pangan di depan kantor ACT Bengkulu. (ACTNews)

ACTNews, BENGKULU – Sebelum memulai perjalanan rutinnya sehari-hari menyusuri Kota Bengkulu, Erna mampir di depan kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bengkulu. Ia mendekat kepada rak Lumbung Sedekah Pangan pada Jumat (2/10) pagi itu, menatapi sebentar rak yang belum terisi penuh itu.

“Ini boleh diambil, Neng?” Erna menunjuk sekantung beras kepada salah seorang tim ACT yang berada di lokasi. “Boleh, Bu. Silakan,” sambut tim ACT tersebut. Erna lantas memilih 3 kantung beras untuk dia bawa pulang.

"Alhamdulillah bisa untuk makan besok," senyum tulus Erna terukir berkat amanah para dermawan. Kaki yang sudah renta itu berbalik dan tak lama kembali melangkah setelah mengucap terima kasih. Menenteng kembali puluhan kerupuk yang tergantung dengan tali rafia di bahunya.

Setiap hari sejak pukul 6 pagi, Erna telah memulai langkahnya menjajakan kerupuk berkeliling kota Bengkulu. Rumah-rumah warga maupun perkantoran disambanginya, meskipun kebanyakan orang hanya memandangnya tak acuh. Bahkan, di masa pandemi ini pun, tak menyurutkan semangat ibu paruh baya tulang punggung keluarga ini.


Erna melanjutkan kembali langkahnya menyusuri Kota Bengkulu. (ACTNews)

“Kita belum tahu lebih banyak bagaimana kehidupan keluarganya, tapi dia bilang memang punya anak. Rencana ke depannya, kita akan asesmen lebih jauh ke rumah Ibu Erna untuk program bantuan selanjutnya,” ujar Annisa Al Karimah dari Tim Program ACT Bengkulu.

Selain Erna, masih banyak lagi warga yang memanfaatkan Lumbung Sedekah Pangan ini untuk memenuhi kebutuhannya. Kebanyakan dari mereka merupakan pekerja harian yang berada di sekitar kantor ACT Bengkulu. “Cukup banyak penerima manfaatnya. Selain warga sekitar, biasanya juga ada petugas parkir, pemulung, atau pedagang keliling seperti Ibu Erna,” jelas Annisa.


Selain di depan kantor ACT, Lumbung Sedekah Pangan di Bengkulu juga hadir di 3 titik lainnya. Dalam waktu dekat akan dibangun titik keempat dari Lumbung Sedekah Pangan di Bengkulu. “Dan ini sedang pembuatan rak untuk 4 titik di kabupaten Rejang Lebong yang juga kerja sama dengan komunitas daerah,” ujar Annisa.

Karena cukup banyak penerima manfaat dari Lumbung Sedekah Pangan, Annisa pun mengajak para dermawan untuk terus mendukung Lumbing Sedekah Pangan. “Jika rak-rak ini kosong, sukacita Bu Erna takkan bisa dirasakan penerima manfaat lainnya. Oleh karena itu, kami mengajak bersama-sama kita isi rak Lumbung Sedekah Pangan di berbagai kota hingga penuh setiap saat. Alhamdulillah di pekan keempat ini antusias masyarakat semakin meningkat, baik donatur yang memberikan sedekah pangannya maupun warga yg menerima paketnya,” pungkas Annisa. []