Tiga Sumur Wakaf Hapus Krisis Air di Taita Taveta, Kenya

Tiga Sumur Wakaf dibangun di beberapa desa di Taita Taveta, Kenya. Ini merupakan ikhtiar untuk menghapus krisis air di desa-desa tersebut.

sumur wakaf kenya
Pembangun Sumur Wakaf di Taita Taveta, Kenya. (ACTNews)

ACTNews, TAITA TAVETA – Satu tahun terakhir, tiga Sumur Wakaf dibangun di Taita Taveta, Kenya. Tepatnya di Desa Peleleza, Desa Madangonyi, dan Desa Kitovu. Ketiga desa ini dipilih sebagai tempat pembangunan Sumber Wakaf karena mengalami krisis air bersih.

Penduduk di tiga desa tersebut harus berjalan cukup jauh untuk pergi ke sebuah sungai yang menjadi sumber air terdekat. Padahal, air sungai tersebut keruh dan tercemar. Namun, karena tidak ada pilihan, para warga terpaksa menggunakan air tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sebab kebiasaan minum dan mandi menggunakan air kotor tersebut, banyak warga yang mengalami berbagai penyakit kulit, kolera, dan difteri. 

Kehadiran Sumur Wakaf diharapkan mampu menyelesaikan segala permasalahan. Total, 40 ribu warga di Taita Tevati akan terbantu dengan Sumur Wakaf ini. Sumur pertama dibangun pada November 2020 lalu. Sementara sumur ketiga, dibangun pada Agustus 2021.

"Mereka tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan yang cukup untuk membeli air bersih," ujar Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT, Jumat (24/9/2021).

Lebih lanjut, Firdaus menerangkan bahwa Sumur Wakaf ini juga secara tidak langsung akan bermanfaat terhadap keamanan anak-anak dan wanita di desa. Sebab, anak-anak dan perempuan yang biasanya bertugas pergi jauh untuk mengambil air, tak perlu lagi melakukan kebiasaannya tersebut.

Salah satu warga penerima manfaat ini, Zulaika Odenge (45) mengatakan diri dan anggota keluarganya yang berjumlah 12 orang sangat bersyukur dan berterima kasih atas dibangunnya Sumur Wakaf di desanya.

"Atas nama komunitas saya, kami sangat menghargai apa yang telah kalian berikan kepada kami. Keluarga saya sekarang bisa mengakses air bersih dan anak-anak saya sekarang tidak sakit seperti yang sebelumnya. Kami sangat diberkati. Semoga Allah memberi surga untuk kalian, dan memberkati pekerjaan keluarga kalian," doa Odenge. []