Tim Medis ACT Keliling Rumah Warga Gaza Beri Layanan Kesehatan Gratis

Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan di klinik, tim medis ACT di Gaza juga turut menyediakan layanan kesehatan home care secara gratis.

homecare warga palestina
Warga Gaza menerima layanan kesehatan home care dari tim medis ACT. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Tim medis Klinik Indonesia ACT di Gaza kini menyediakan layanan kesehatan home care untuk warga Gaza. Melalui layanan ini, tim medis ACT para pasien dapat menjalani perawatan kesehatan di rumah.

Sejak layanan ini dimulai, sudah ada ratusan pasien yang tertangani. Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, pasien yang mendapat layanan home care adalah mereka yang mengalami sakit atau luka tidak terlalu parah. “Kalau ada yang parah, bisa nanti dibawa ke klinik untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif,” ujarnya Jumat (13/8/2021).

Tim medis juga mengoperasikan ambulans pre-hospital pemberian Sahabat Dermawan dalam tiap kunjungannya ke rumah pasien. Sebab, sejumlah pasien juga mendapatkan perawatan di dalam ambulans.

“Beberapa warga yang akhirnya di rawat di ambulans memiliki berbagai keluhan. Dari mulai luka bekas tembakan, luka bekas amputasi, hingga berbagai penyakit seperti gangguan jantung dan diabetes. Dengan peralatan ambulans pre-hospital yang mumpuni, paramedis bisa memberikan layanan terbaik untuk pasien,” jelas Firdaus.

Firdaus juga menuturkan, aksi ini merupakan ikhtiar untuk memaksimalkan pemulihan Gaza pascaserangan zionis Israel Mei lalu. Untuk mendukung ikhtiar ini, ACT terus menambah unit ambulans yang beroperasi di Gaza. Sedikitnya 11 ambulans telah beroperasi di tiap kegubernuran di Gaza.

Tidak hanya itu, jumlah klinik Indonesia juga telah bertambah. Sebelumnya hanya ada satu, kini sudah ada lima klinik yang beroperasi. Lima klinik ini mampu memberi layanan medis dan obat gratis setidaknya untuk 5.000 pasien setiap bulannya.[]