Tingkatkan Persediaan Darah untuk Masyarakat, ACT Bersama Marinir dan PMI Gelar Donor Darah

Bersama Korps Marinir TNI AL dan PMI, ACT gelar donor darah. Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan darah bagi pasien atau masyarakat yang sakit akibat bencana.

donor darah tni al
Anggota TNI AL Korps Marinir menjadi peserta donor darah. (ACTNews/M. Ubaidillah)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Kebutuhan darah di Indonesia sangat tinggi. Apalagi di masa pandemi Covid-19, permintaan darah meningkat namun persediaan minim. Menanggapi ini, Humanity Medical Services (HMS) ACT bersama Korps Marinir Jakarta dan PMI menyelenggarakan donor darah di Pangkalan Korps Marinir Jakarta, Rabu (26/1/2022). 

Menurut Dokter Alifa Astuti dari tim HMS ACT,  di masa pandemi Covid-19 jumlah pendonor menurun. Orang yang biasa mendonorkan darah memilih untuk tidak mendonorkan darah karena takut terpapar Covid-19. 

“Donor darah penting untuk membantu menyelamatkan kehidupan orang. Satu tetes darah para pendonor sangat berarti untuk mereka yang tengah sakit seperti kanker dan anemia,” ujar Dokter Alifa, Rabu (26/1/2022). 

Dokter Alifa melanjutkan, kegiatan donor darah hari ini diikuti sekitar 300 orang dan berasal dari Anggota TNI AL Korps Marinir Jakarta serta masyarakat umum. Dokter Alifa berharap, kegiatan donor darah berlanjut di banyak tempat dan diikuti oleh banyak peserta.

Pasintel Lanmar Jakarta Letnan Kolonel (Letkol) Marinir Imanda mengatakan, kegiatan donor darah sangat penting untuk membantu banyak masyarakat yang tengah sakit maupun yang tertimpa bencana. PMI membutuhkan banyak kantong darah bagi para pasien. 

Selanjutnya Letkol Imanda mengajak masyarakat untuk donor darah. Imanda meyakinkan masyarakat bahwa, kegiatan donor darah di masa pandemi Covid-19 dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, hingga pengambilan darah. 

“Ini bukan kali pertama kegiatan donor darah dilakukan anggota TNI AL utamanya Korps Marinir. Semoga kegiatan ini berlanjut dan pimpinan TNI AL berterimakasih kepada ACT dan PMI telah menyelenggarakan donor darah ini,” ujarnya. 

Selain donor darah, dalam kegiatan tersebut masyarakat juga diajak untuk membantu saudara korban erupsi Semeru di Jawa Timur-yang tengah memasuki tahap pemulihan pascabencana.[]