Tips Aman Bersepeda Motor saat Hujan

Menghadapi musim hujan Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) punya sejumlah tips aman mengendarai motor.

tips aman berkendara
Ilustrasi. Pengendara motor di Jalan Diponegoro Cirebon. Tips aman berkendara saat hujan. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Banyak hal yang bisa terjadi saat mengendarai sepeda motor, misalnya, kendaraan yang tiba-tiba mogok atau harus menerobos hujan.  Bagaimanapun, keselamatan adalah hal yang utama. Menghadapi musim hujan Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) punya sejumlah tips aman berkendara, yang dipaparkan oleh Staff Training, Education and Development Disaster Management Institute of Indonesia (DMII) Erry Septiadi. 

Jas Hujan

Menurut Erry, jas hujan adalah barang yang harus selalu dibawa saat berkendara. Erry menyarankan agar jas hujan selalu diletakkan di bagasi sepeda motor. “Sedia payung sebelum hujan itu wajib dilakukan meski cuaca cerah. Dalam konteks ini, pengendara sepeda motor harus sedia jas hujan untuk melindungi diri agar tidak basah,” ujarnya, Kamis (12/1/2022).

Pelan-Pelan

Tips kedua yang disampaikan Erry adalah kurangi kecepatan berkendara saat hujan. Jangan melakukan pengereman mendadak karena akan menyebabkan selip ban sebab jalanan licin. “Sebisa mungkin hindari genangan karena jalanan berlubang tertutup air berbahaya,” katanya. 

Periksa Ban 

Kondisi ban yang gundul menyebabkan daya cengkram ban berkurang, sehingga rawan selip saat dibawa berkendara. “Selalu cek berkala kondisi ban, apakah sudah waktunya diganti atau belum,” 

Menyalakan Lampu

Nyalakan lampu saat hujan lebat agar kondisi jalan terlihat jelas. “Lampu belakang, untuk tanda pengendara di belakang kita agar tidak menabrak. Namun, jika hujan sangat deras, lebih baik menepi hingga hujan reda,” pungkasnya.[]