Tips Istikamah Beribadah Selepas Ramadan dari Babe Haikal

Sesi kedua menuju Muhasabah Akbar diisi tausiah dengan tema “Istikamah Ibadah Pasca Bulan Ramadan” dari Ustaz Haikal Hassan atau yang akrab disapa Babe Haikal.

Tips Istikamah Beribadah Selepas Ramadan dari Babe Haikal' photo
Babe Haikal saat memberikan tausiah di Studio ACT TV. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Sesi kedua menuju Muhasabah Akbar diisi dengan tausiah bertema “Istikamah Ibadah Pasca Bulan Ramadan” dari Ustaz Haikal Hassan atau yang akrab disapa Babe Haikal sebagai narasumber, didampingi oleh pembawa acara, Wahyu Novian dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dalam kesempatan tersebut, Babe Haikal mengatakan bahwa bulan Ramadan dianalogikan sebagai bulan untuk bercocok tanam di mana kita dapat mengais pahala sebanyak-banyaknya. “Ramadan bagaikan bulan dimana kita bisa bercocok tanam, kita bisa mencari pahala sebanyak-banyaknya. Namun, setelah Ramadan berakhir, akan ada benalu muncul, yang harus kita hilangkan agar jadi pohonnya berdiri kokoh,” ujar Babe Haikal saat memberikan tausiah di studio ACT TV, Sabtu (23/5).

“Semua amalan yang kita lakukan saat bulan Ramadan, lakukan juga ketika Ramadan berakhir. Buatlah kesepakatan dengan keluargamu, karena keluargalah orang terdekat kita,” tambah Babe Haikal.

Ketika di akhir Ramadan, Nabi Muhammad SAW merasa sedih untuk meninggalkan bulan suci yang penuh keberkahan itu. Namun, beliau terus menerus bersedekah di akhir Ramadan agar dapat menghilangkan rasa sedih itu.

Babe Haikal mengajak sahabat untuk terus membantu saudara-saudara yang membutuhkan dengan bersedekah melalui berbagai program yang diadakan Aksi Cepat Tanggap. “Karena semua program di ACT ini semua tujuannya untuk membantu dengan menjangkau lebih banyak khalayak,” tutur Babe Haikal

Membantu masyarakat lebih luas dapat membahagiakan mereka yang membutuhkan. Hal ini sejalan dengan anjuran Nabi Muhammad ketika Nabi ditanya amalan apa yang paling besar pahalanya. "Nabi menjawab, menggemberikan hati orang, membuat orang tersenyum,” pungkas Babe Haikal.

Meskipun Ramadan akan segera berakhir, kesempatan untuk mengamalkan kebaikan terus terbuka lebar. Babe Haikal pun mengajak umat Islam untuk terus memperbaiki diri di momen muhasabah ini.

Muhasabah Akbar akan terus berlangsung hingga malam ini, menemani muslim Indonesia di momen takbiran. Tak hanya dai, acara ini juga menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, belasan qari internasional, Kajian Musawarah,  dan relawan kemanusiaan.[]




Bagikan