Toko Kita Peduli Berwakaf dari Hasil Pemberdayaan

Sejak 2016, Toko Kita Peduli (TKP) hadir untuk memberdayakan masyarakat di Desa Iwul, Parung, Bogor. Pendapatannya tak hanya memenuhi kebutuhan warga prasejahtera di sekitarnya, tapi juga dapat menyisihkan penghasilan untuk diwakafkan.

Toko Kita Peduli Berwakaf dari Hasil Pemberdayaan' photo
Nunung (kiri) melakukan serah terima wakaf tunai ke Global Wakaf-ACT, Selasa (28/1). Wakaf yang diserahkan merupakan keuntungan dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Nunung di lingkungan tempat tinggalnya. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, JAKARTA Bersama tetangga dan kerabatnya, Nunung Hasanah, warga Desa Iwul, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, berkunjung ke Kantor Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Menara 165, Cilandak, Jakarta. Mereka hendak menyerahkan wakaf tunai yang akan dikelola oleh Global Wakaf.

Nunung mengatakan, wakaf yang ditunaikan pada Selasa (28/1) ini merupakan dana hasil pemberdayaan masyarakat yang telah beberapa tahun belakangan ini ia lakukan. “Alhamdulillah dapat penghasilan yang lumayan. Bukan cuma buat warga sekitar saja, tapi juga sampai bisa untuk berwakaf,” ungkapnya.

Nunung merupakan pengurus di Toko Kita Peduli (TKP) yang terletak di Desa Iwul. Toko yang telah ada sejak 2016 ini tak hanya berorientasi pada keuntungan semata, tapi juga pemberdayaan masyarakat. TKP membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga sekitar dengan menjadi pencuci baju pakaian layak pakai.

Pendapatan TKP tidak untuk pribadi Nunung saja, akan tetapi keuntungannya ia kembali gunakan untuk pemberdayaan masyarakat, seperti pelatihan-pelatihan. “Warga yang membutuhkan disekitar TKP diberikan pelatihan seperti menyetir mobil hingga sablon. Tak hanya itu, uang yang terkumpul dari TKP juga dapat dipinjam oleh warga tanpa bunga,” tambah Nunung.

Salah satu yang merasakan manfaat kehadiran TKP ini ialah Endah. Endah yang telah tiga tahun menjadi orang tua tunggal bagi kedua anaknya harus berjuang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ia memilih berjualan mainan dengan modal dagang dari pinjaman TKP. “Pinjam di sana (TKP) enggak ada bunga, bayarnya juga mengikuti kemampuan kita,” katanya.

Di Selasa ini, TKP menyerahkan dana wakaf sebesar Rp5 juta melalui Global Wakaf. Danu Putra Nugraha dari tim Global Wakaf mengatakan, wakaf yang diserahkan oleh Toko Kita Peduli bakal digunakan untuk berbagai program-program wakaf yang telah berjalan selama ini. “Kami punya program Lumbung Air Wakaf dengan produk Air Minum Wakaf, juga Lumbung Beras Wakaf yang dananya berasal dari wakaf masyarakat seperti TKP ini,” jelasnya.[]


Bagikan