Traveloka dan ACT Berbagi Kepedulian untuk Warga Sekitar Gunung Agung

Traveloka dan ACT Berbagi Kepedulian untuk Warga Sekitar Gunung Agung

ACTNews, KARANGASEM - Sebagai salah satu destinasi paling popular di Indonesia, rutinitas wisata di Bali sempat melambat sejenak. Pasalnya, lebih dari sebulan lalu penduduk serta turis di Pulau Dewata ini sempat mengkhawatirkan kemungkinan adanya erupsi Gunung Agung yang berlokasi di Karangasem.

Ketika status Gunung Agung ditetapkan sebagai “Awas”, ratusan ribu warga sekitar diharuskan untuk menjauh dan dilarang untuk beraktivitas dari radius 9–12 km. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya erupsi yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Sekalipun kini status Gunung Agung sudah turun dari “Awas” menjadi “Siaga”, warga masih diharuskan untuk waspada. Beberapa warga dengan jarak pemukiman paling dekat dengan Gunung Agung masih dilarang untuk kembali ke rumah.

Bertepatan pada Hari Raya Galungan umat Hindu pada Jumat lalu (3/11), Traveloka, salah satu perusahaan terbesar penyedia jasa travel booking untuk destinasi dalam maupun luar negeri, bersama Aksi Cepat Tanggap berbagi kepedulian dengan warga sekitar Gunung Agung. Kegiatan berupa pendistirbusian bantuan kemanusiaan ini dilaksanakan secara bertahap.

Panca Irawan selaku Executive Partnership ACT yang mengawal kegiatan tersebut mengungkapkan, tahap pertama pendistribusian bantuan kemanusiaan menyasar warga di Desa Menanga, Desa Blatung, Desa Besakih, Desa Tagenan, dan Desa Batutesa.

“Lalu, bantuan kemanusiaan tahap dua akan diberikan pada Sabtu (11/11), dengan lokasi distribusi di Desa Abang dan Desa Seraya Kabupaten Karangasem,” jelas Panca.

Bentuk bantuan kemanusiaan yang diberikan antara lain paket pangan, dapur umum, dan pelayanan kesehatan. Sesi trauma healing bagi anak-anak pengungsi Gunung Agung juga dilaksanakan.

Pendistirbusian bantuan kemanusiaan ini merupakan sumbangsih kepedulian dari para karyawan Traveloka. Tidak hanya itu, donasi tersebut juga didapat dari hasil pengalokasian Rp 500 dari setiap penjualan tiket pesawat dan hotel selama periode 24-28 Oktober 2017. Donasi senilai Rp 226.100.000 yang terhimpun melalui program CSR Traveloka ini lantas disalurkan kepada ACT untuk selanjutnya didistribusikan kepada warga di sekitar Gunung Agung.

Country Market Manager Traveloka John Safenson menyampaikan, program CSR Traveloka merupakan salah satu bentuk tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh Traveloka. Hal ini mengingat pentingnya peran masyarakat dalam menjadikan Traveloka hingga sebesar sekarang.

“Kepedulian bagi masyarakat apalagi korban bencana alam seperti ini sangat penting karena kita lahir dari masyarakat. Customer kami juga dari masyarakat. Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk memberikan bantuan, terutama kepada pengungsi,” tutur John Safenson saat ditemui sesaat setelah penyaluran bantuan kemanusiaan di Posko Bencana Gunung Agung ACT Karangasem, Bali.

John Safenson menambahkan, kegiatan kemanusiaan tersebut menjadi salah satu wujud kepedulian dari Traveloka. Ke depannya, ia mendukung program penanganan bencana dan pemberdayaan yang dilakukan ACT.

Dengan spirit kolaborasi kemanusiaan, ACT terus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat bersama. Berbekal pengalaman selama belasan tahun di dunia kemanusiaan, ACT melakukan edukasi kemanusiaan bersama, membuka jaringan kemitraan nasional dan global melalui sejumlah program kemanusiaan demi mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik. []

Tag

Belum ada tag sama sekali