Tumbuhkan Semangat Kemanusiaan Lewat Volunteer Camp

Hal yang paling penting sebelum menjadi relawan adalah menghadirkan niat yang ikhlas dan tulus di dalam hati.

Tumbuhkan Semangat Kemanusiaan Lewat Volunteer Camp' photo

ACTNews, WAJO – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan menggelar Volunteer Camp Batch 2 selama tiga hari, 30 Agustus - 1 September 2019. Kegiatan tersebut dipusatkan di Rumah Adat Atakkae, Kelurahan Atakkae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan

Firman selaku Ketua Panitia mengatakan, diadakannya Volunteer Camp bertujuan menumbuhkan kesadaran peserta terhadap kesiapsiagaan bencana dan isu kemanusiaan sehingga siap menjadi relawan MRI-ACT.

"Volunteer camp ini juga sebagai media perekrutan terbuka untuk calon relawan baru. Peserta dibekali dengan materi yang dapat menumbuhkan nilai kesadaran kemanusiaan, sehingga nantinya para peserta bisa menjadi solusi atas permasalahan  kemanusiaan di lingkungannya,” ungkap Firman.


Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini dihadiri oleh puluhan relawan dari berbagai kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan, antara lain Kabupaten Wajo, Kota Pare Pare, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Sinjai, Kabupaten Gowa, Kabupaten Enrekang, dan Kota Makassar.

Agung, salah satu peserta, mengaku senang dapat berpartisipasi di Volunteer Camp. "Alhamdulillah, senang rasanya bisa hadir dalam acara ini, bisa berkenalan dengan orang-orang baru. Apalagi materi yang disajikan sangat penting bagi saya untuk menjadi relawan. Salah satunya yaitu materi tentang penanggulangan bencana,” ungkap Agung.

Hadir juga dalam acara ini Kepala Program ACT Sulawesi Selatan Nur Ali Akbar. Dalam sambutannya, Nur Ali menyampaikan beberapa pesan untuk para relawan. "Hal yang paling penting sebelum menjadi relawan adalah menghadirkan niat yang ikhlas dan tulus di dalam hati. Mengapa? Supaya apa yang kita lakukan selama menjadi relawan MRI-ACT Sulsel bernilai ibadah di hadapan Allah," kata Ali.

Pada Volunteer Camp, sejumlah perwakilan organisasi juga turut hadir memberikan materi, yakni Ardi Nugraha dari BPBD Wajo dan Mayor Infantri Baso Ratulangi dari Kodim 1406. []

Bagikan