Tur Keliling Sumatra, Humanity Rice Truck 2.0 Sapa Bumi Sriwijaya

Humanity Rice Truck 2.0 mendistribusikan Beras Wakaf gratis di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Kedatangan armada anyar dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Sumatra Selatan ini merupakan rangkaian dari tur keliling Humanity Food Truck 2.0 di pulau Sumatra.

humanity rice truck 2.0
Humanity Rice Truck 2.0 akan menyapa beberapa titik di Sumatra Selatan, salah satunya yakni halaman Masjid Agung Palembang. (ACTNews)

ACTNews, PALEMBANG – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Selatan memperkenalkan armada Humanity Rice Truck 2.0 di Masjid Agung, Palembang. Truk beras raksasa itu merupakan armada seri terbaru yang dioperasikan untuk tur pertama kalinya ke Kota Palembang, Sumatra Selatan pada Senin (4/10/2021) lalu.

Tibanya Humanity Rice Truck 2.0 ke Kota Palembang, merupakan bagian dari rangkaian perjalanan armada baru ini menjejaki pulau Sumatra. Dalam tur keliling pulau Sumatra ini, Humanity Rice Truck 2.0 sekaligus mendistribusikan Beras Wakaf gratis untuk masyarakat.

Titik pertama yang dituju Humanity Rice Truck 2.0 yakni di halaman Masjid Agung Palembang. Masyarakat sekitar antusias menyambut kehadiran armada ini. Melalui pembagian kupon, masyarakat mengantri secara bergantian mengambil Beras Wakaf gratis.

“Total sebanyak 1 ton beras kita bagikan ke masyarakat kota Palembang hari ini. Mereka merupakan para pekerja nafkah harian seperti tukang sapu jalanan, ojek online, pedagang asongan, dan masyarakat prasejahtera lain yang membutuhkan,” ujar Aditya Marsello dari Tim Program ACT Sumatra


Antrean warga menyambut Beras Wakaf gratis dari Humanity Rice Truck 2.0.(ACTNews)

Agus adalah salah satunya. Pengayuh becak ini pun mengucapkan terima kasih dengan hadirnya armada ini. “Mokasih banyak untuk ACT lah ngasih beras untuk kami. Semoga berkah dan sering-sering ke sini,” katanya.

Humanity Rice Truck 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari Humanity Rice Truck 1.0 yang telah diluncurkan terlebih dahulu pada tahun 2019. Perbedaanya kini terlihat dari desain interior dan eksterior yang lebih berkapasitas pada badan truk yang mampu menampung hingga 20 ton beras.

KH Ayik Farid Alaydrus, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Selatan, turut hadir dalam acara pembagian beras tersebut. Ia pun berharap, armada ini dapat turut menyebar manfaat positif kepada masyarakat.


“Semoga dari program ini semakin meningkatkan kepedulian dan kepekaan kita semua terhadap masyarakat yang membutuhkan dan terdampak pandemi. Termasuk untuk masyarakat yang berjuang di lingkup penguatan spiritual. Seperti kesejahteraan di lingkungan masjid, keluarga dai, dan para guru serta ulama,” kata dia.

Selain di Palembang, Humanity Rice Truck 2.0 juga akan melanjutkan perjalanannya ke titik-titik lain di Sumatra Selatan. Seperti Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, sebelum melanjutkan perjalanannya ke Sumatra bagian barat. []