Ucapan Selamat Memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia juga Datang dari Afrika

Bukti kecintaan kepada Indonesia, ratusan anak di negara-negara Afrika memberikan ucapan selamat peringatan HUT RI ke-76. Mereka berterima kasih karena Indonesia selalu hadir untuk membantu mengatasi krisis kemanusian di Afrika.

kemerdekaan Indonesia di afrika
Warga di berbagai negara di Afrika turut memberi ucapan selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Bukan hanya bagi masyarakat Indonesia, ucapan selamat memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 juga menggaung dari masyarakat di negara Ghana, Mali, Chad, hingga Zimbabwe.

“Nama Saya Zawa Saini dari Zimbabwe. Saya mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan untuk saudara dan saudariku di Indonesia. Satu cinta, satu semangat,” ucap Zawa sambil memegang bendera Indonesia di tangannya.

Sementara itu, anak lainnya di Zimbabwe Abdullah Manyale mengatakan, dirinya berterima kasih kepada masyarakat Indonesia dan Aksi Cepat Tanggap karena telah membantu muslim di Zimbabwe mengatasi berbagai persoalan kemanusian. “Terima kasih saudara-saudaraku di Indonesia,” katanya.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT menyatakan, ini bukan ucapan pertama yang datang dari warga Afrika untuk kemerdekaan Indonesia. Hampir setiap tahun, ucapan ini selalu mereka utarakan.

“Dari beberapa negara Afrika yang masih menghadapi berbagai persoalan kemanusiaan sepanjang hari dan sepanjang tahun, kado kemerdekaan itu datang dengan sangat tulus. Berkali-kali anak-anak Afrika ini mencoba mengucapkan kalimat merdeka untuk Indonesia,” ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan, ini merupakan bukti kecintaan warga dunia kepada Indonesia sebab Indonesia selalu berusaha memberikan uluran kedermawanan kepada warga Afrika yang mengalami krisis kemanusiaan, salah satunya lewat program-program Aksi Cepat Tanggap.[]