Universitas Dharmawangsa Medan Kembangkan Kapasitas Mahasiswa Melalui Kolaborasi Kemanusiaan

ACT Sumatra Utara dengan Universitas Dharmawangsa Medan teken kolaborasi kemanusiaan menjelang akhir tahun ini. Aksi-aksi kebaikan serta menguatkan kerelawanan diharapkan lahir dan meluas.

Foto bersama ACT bersama jajaran Universitas Dharmawangsa, Medan. (ACTNews)

ACTNews, MEDAN – Menjelang penghujung 2020, tepatnya Senin (21/12), Universitas Dharmawangsa Medan secara resmi menjalin kolaborasi kemanusiaan dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Utara. Kesepakatan kolaborasi ini dilakukan di Aula Gedung Universitas Dharmawangsa, Jalan Yos Sudarso No. 224, Glugur Medan. Harapannya, dari kerja sama ini mampu melahirkan aksi-aksi kebaikan yang bisa dinikmati masyarakat.

Dari kolaborasi kemanusiaan ini, ACT dan pihak kampus akan menggelar pengembangan kemampuan mahasiswa untuk mendukung berbagai program kemanusiaan ACT. Salah satunya melalui pelatihan kerelawanan.

“Kami yakin kolaborasi ini bisa menjadikan mahasiswa menjadi pribadi yang berguna dan berjiwa kerelawanan,” ungkap Rektor Universitas Dharmawangsa Zamakhsyari Bin Hasballah Thaib. Acara teken kerja sama ini juga disaksikan oleh Wakil Rektor I, II dan III, dekan seluruh fakultas, ketua progam studi, serta unit-unit yang ada di Universitas Dharmawangsa.

Ke depannya, dari kolaborasi ini, mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas kewirausahaan serta pemberdayaan ekonomi melalui program ACT seperti Sahabat Usaha Mikro Indonesia serta Wakaf Modal Usaha Mikro. Pelatihan penanggulangan kebencanaan, kegiatan sosial kemanusiaan, hingga pengenalan produk kemanusiaan lainnya seperti Global Zakat, Global Wakaf dan Global Qurban akan diberikan ke mahasiswa Universitas Dharmawangsa.

Kolaborasi ACT dengan perguruan tinggi bukan kali pertama ini saja terjalin. Sebelumnya, universitas dan perguruan tinggi lain telah menggelar aksi kemanusiaan, khususnya merespons pandemi Covid-19. Ke depannya, kolaborasi serupa diharapkan mampu terjalin agar kebaikan dapat terus dikuatkan dan meluas.[]