Upaya Global Wakaf Alirkan Air Bersih untuk Puluhan Keluarga di Banyuasin

Sehari-harinya, warga Desa Sri Kembang di Kabupaten Banyuasin mengandalkan air dari masjid. Sementara air dari rumah mereka masing-masing kurang bersih dan kerap kekeringan ketika kemarau tiba.

Upaya Global Wakaf Alirkan Air Bersih untuk Puluhan Keluarga di Banyuasin' photo
Di hari pertama penggalian pada Rabu (18/12) kemarin, Tim Global Wakaf-ACT menyelesaikan 5 galian sumur dan memiliki target 5 galian dalam sepekan. (ACTNews)

ACTNews, BANYUASIN - Global Wakaf – ACT melakukan penggalian 26 unit Sumur Wakaf Keluarga di Desa Sri Kembang, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan. Penggalian hari pertama, yakni Rabu (18/12) lalu, berlangsung lancar dan cepat hingga menghasilkan 5 galian sumur.

“Alhamdulillah di hari pertama kita bisa membuat 5 galian untuk 26 Sumur Wakaf Keluarga yang telah kita rencanakan. Target kita memang ada 5 sumur yang dapat kita selesaikan setiap pekannya,” kata Reza Ardiansyah selaku Kepala Program ACT Sumatra Selatan, Kamis (19/12).

Menurut Tim Global Wakaf – ACT, penggalian dapat dilakukan dalam tempo di bawah 3 hari. Sementara untuk pemasangan cincin sumur paling tidak diperlukan waktu dua hari. Material bangunan guna membuat cincin sumur juga sudah dalam perjalanan menuju lokasi.

Desa Sri Kembang termasuk daerah yang sangat membutuhkan pasokan air bersih. Jika kemarau tiba, air akan kering sama sekali dan akhirnya warga akan mengandalkan masjid desa untuk memenuhi kebutuhan air sehari-harinya. 

Tim Global Wakaf - ACT sedang melakukan penggalian di salah satu sumur. (ACTNews)

“Kalau kemarau memang kering total karena Desa Sri Kembang dikelilingi kebun sawit. Warga terkadang mengandalkan galian umum, itu pun air tak layak untuk minum. Untungnya ada PT yang mengalirkan air ke masjid desa, sehingga warga saat kemarau bisa ambil air bersih dari masjid,” tutur Reza.

Di luar musim kemarau, air sebenarnya mengalir cukup untuk memenuhi kebutuhan harian warga. Namun air yang mengalir tidak cukup bersih. “Untuk memenuhi kebutuhan air di luar musim kemarau, sebenarnya aman. Cuma untuk mendapatkan air bersih ini yang susah. Bahkan untuk minum sekarang, warga masih mengandalkan air dari masjid. Harapan kami, dengan adanya sumur yang kita bangun ini, warga bisa mendapatkan air bersih dari sumur masing-masing,” harap Reza.

Sepanjang program ini dilaksanakan sejak tahun 2015-2019, Global Wakaf telah membangun 363 titik sumur yang tersebar di sebanyak 23 provinsi di Indonesia. Semua sumur itu mengalirkan air kepada 380.423 jiwa. Sumur-sumur ini berasal dari uluran tangan para dermawan yang bersedia memberikan harta terbaiknya agar masyarakat yang lain tidak kesulitan. []

Bagikan