Upaya Penuhi Kebutuhan Air Bersih untuk Mali

Global Wakaf - ACT membangun sumur wakaf di sejumlah daerah. Salah satu ikhtiar bantuan untuk Mali.

Sumur Wakaf yang dibangun Global Wakaf -ACT di wilayah Koulikoro. (ACTNews)

ACTNews, SIKASSO, KOULIKORO – Global Wakaf - ACT membangun empat Sumur Wakaf yang tersebar di berbagai wilayah di Mali. Salah satunya di Desa Semana yang terletak di Wilayah Sikasso, barat daya Mali, 113 kilometer dari Bamako. Semana ditinggali 700 kepala keluarga.

Sumur Wakaf juga dibangun di Basha Njonon dan N'Gouraba di Koulikoro, 80 kilometer dari Bamako. Desa tersebut merupakan komunitas pedesaan di Kati Cercle di Wilayah Koulikoro di barat daya Mali.

Di Wilayah Koulikoro, Sumur Wakaf juga dibangun di Desa Tiele, sebuah desa dan komune pedesaan di Kati Cercle di Wilayah Koulikoro di barat daya Mali. Komune ini memiliki luas sekitar 586 kilometer persegi dan mencakup 13 desa. Dalam sensus 2009, desa tersebut memiliki populasi 18.696 jiwa. Desa Tiele terletak 70 km di tenggara Bamako, ibu kota Mali.

Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response - ACT melaporkan, Sumur Wakaf ini dibangun pada bulan Agustus - Oktober 2020. Kehadiran Sumur Wakaf di Mali membantu kehidupan 43,6 persen masyarakat setempat.

“Desa tidak memiliki sumur pompa tangan. Masyarakat menggunakan sumur timba dan anak-anak sering terjatuh. Selain itu anak-anak juga kehabisan waktu untuk sekolah karena sumber air ada di desa lain,” kata Faradiba. Di wilayah lain, perempuan dan anak-anak harus melakukan perjalanan jauh untuk mengambil air yang tidak higienis untuk minum dan keperluan rumah tangga. 

Faradiba mengajak, untuk terus membantu masyarakat di Mali dengan sedekah terbaik melalui BNI Syariah rekening BNI Syariah di nomor 66 0000 940 atas nama Yayasan Global Wakaf.[]