Ustaz Ahmad Zarkasih, Rela Alih Usaha Demi Ajar Mengaji

Ustaz Ahmad Zarkasih rela menutup usaha potong rambut agar bisa fokus mengajar anak-anak mengaji. Padahal, modal membuka usaha hasil pinjaman bank dan belum lunas sampai sekarang.

ustaz ahmad zarkasih
Ustaz Ahmad Zarkasih saat membuat boneka. (ACTNews)

ACTNews, KARAWANG – Mengubah pandangan masyarakat menjadi lebih baik bukanlah perkara mudah. Apalagi jika yang ingin melakukan perubahan adalah orang yang lama tidak bermukim di wilayah tempat masyarakat tinggal. 

Hal itulah yang dihadapi Ustaz Ahmad Zarkasih saat pertama kali kembali ke kampung halamannya di Desa Kertawaluya, Kecamatan Tirtamulya, Kabupaten Karawang 2012 silam. Kepulangan Ustaz Usep, sapaan akrabnya, sat itu, ke kampung halaman adalah untuk membuka usaha setelah merantau. 

“Saya di Bandung buka usaha bordir dan memiliki beberapa karyawan. Sekarang sudah gulung tikar karena kalah bersaing dengan usaha bordir yang lebih modern. Saya balik ke Jakarta,” ujar Ustaz Ahmad Zarkasih saat diwawancarai ACTNews, Selasa (2/11/2021). 

Setelah usaha bordir bangkrut, Ahmad Zarkasyi membuka usaha warung makan di kantin sekolah. Akibat pandemi Covid-19, usaha Ahmad Zarkasih kembali bangkrut. Hingga akhirnya membuka usaha potong rambut di rumahnya. 

“Rencana usaha potong rambut keliling. Sudah pinjam bank buat modal. Tiba-tiba ada anak tetangga minta diajar mengaji, akhirnya saya pilih ngajar dulu baru berangkat mencukur rambut. Lama-lama, anak yang minta ngaji semakin banyak. Akhirnya usaha potong rambut keliling berhenti dan memutuskan buka di rumah,” kata bapak empat anak itu.