Ustaz Amir Faishol Ajak Rakyat Indonesia Selamatkan Masjid Al-Aqsa

Ustaz Amir Faishol Ajak Rakyat Indonesia Selamatkan Masjid Al-Aqsa

"Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada waktu malam dari Masjid Al-Haram ke Masjid Al-Aqsha yang diberkahi sekelilingnya untuk Kami perlihatkantanda-tanda kekuasaan Kami, bahwasanya Dia itu Maha Mendengar dan Maha Melihat“. (Q.S. Al-Isra: 1).

ACTNews, JAKARTA – Menjalankan ibadah merupakan hak yang paling asasi yang harus dimiliki manusia sebagai hamba Tuhan. Ketika hak ini tercerabut atau tidak didapatkannnya, maka orang yang menghalangi orang lain untuk beribadah tersebut telah melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia/HAM.

Hak kebebasan beragama termasuk di dalamnya menjalankan ibadah, sudah tercantum dalam Universal Declaration of Human Rights (1948) dan juga Cairo Declaration (1990). Sedangkan di dalam UUD 1945, tentang kebebasan beribadah tercantum di Pasal 29, Ayat 2 yang berbunyi, “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu.”

Meskipun hak beribadah ini sudah dilindungi dalam aturan undang-undang dan hukum, namun saat ini pelanggaran secara gamblang masih terjadi. Lihat saja aksi sewenang-wenang tentara Zionis Israel terhadap umat Islam di Palestina saat ini, yang melarang melakukan ibadah di Masjid Al-Aqsa, sejak Jumat (14/7).    

Ustaz Dr. Amir Faishol Fath, MA mengungkapkan rasa prihatin dan sedih dengan keadaan terkini di Masjid Al-Aqsa. "Saat ini umat Islam di Masjid Al-Aqsa sedang menangis, mereka tidak mendengar azan salat lima waktu. Umat Islam di sana bahkan tidak bisa melaksanakan salat Jumat, di Masjid Al-Aqsa,” keluhnya.

 

Menurutnya persoalan Al-Aqsa ini bukan persoalan orang Palestina, juga bukan persoalan orang arab saja, namun persoalan umat Islam. Siapapun yang mengaku Muslim, hendaklah bersungguh-sungguh menyelamatkan Masjid Al-Aqsa. Ia menambahkan, siapapun yang memperjuangkan Masjid Al-Aqsa, mereka sejatinya berjuang di jalan Allah.  

“Ayo kita sungguh-sungguh di jalan Allah. Kita bersungguh-sungguh menyelamatkan Masjid Al-Aqsa yang Allah berikan kepada umat Islam. Jangan diam, umat Islam harus bergerak, karena ini amanat dari Allah,” tegasnya. Ia juga menambahkan, Allah senantiasa menjaga umat Islam sepanjang mereka menjaga rumah-Nya.

Masjid Al-Aqsa adalah masjid bersejarah untuk umat Islam, tempat ketiga yang disucikan umat Islam, setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Di Masjid inilah Nabi Muhammad/Rasulullah diangkat ke Langit (sidratul muntaha) dalam peristiwa Isra’ Mi’raj. Dari peristiwa suci inilah, perintah salat 5 waktu diturunkan dan wajib dilaksanakan oleh umat Islam.[]       

Sumber foto: dokumentasi ACT dan sindonews.com
Tag

Belum ada tag sama sekali