Ustaz Sauri Wujudkan Cita di Pelosok Musi Rawas

Ustaz Sauri ingin agar anak-anak di desanya memiliki akhlak yang baik, mencontoh Rasulullah SAW. Untuk mewujudkannya ini, ia mendirikan rumah tahfiz untuk anak-anak memahami Al-Qur’an.

ustaz sauri mengajar
Ustaz Sauri saat membimbing anak-anak mengaji. (ACTNews)

ACTNews, MUSI RAWAS – Rasulullah adalah sebaik-baiknya manusia yang harus menjadi contoh. Akhlak Rasulullah adalah akhlak Al-Qur’an sebagaimana yang dikatakan istri Rasul saw Aisyah r.a. Hal tersebut menjadi motivasi Ustaz Sauri, guru mengaji di Dusun 1, Desa Tegal Sari, Kecamatan Megang Sakti, Kabupaten Musi Rawas dalam mengajar mengaji. 

Bagi Ustaz Sauri, untuk dapat memahami akhlak Rasulullah, maka para santri harus memahami, membaca, atau bahkan menghafalkan Al-Qur’an. Setelah memahaminya, lalu mengamalkan ajarannya. Untuk mewujudkan hal ini, Ustaz Sauri mendirikan rumah tahfiz Kampung Mandala. 

“Akhlak santri harus seperti akhlak Rasul SAW. Untuk memiliki akhlak seperti Rasul, harus memahami Al-Qur’an, lalu mengamalkannya,”  ujar Ustaz Sauri saat ditemui tim ACT Lubuklinggau, Kamis (4/11/2021).


Para santri yang mengaji di Ustaz Sauri tidak dipungut biaya. Namun orang tua santri sesekali memberikan apresiasi seikhlasnya dan sukarela. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ustaz Sauri menjadi buruh karet dan pemelihara pohon sawit. 

“Setelah salat subuh sampai jam 07.00 WIB buruh karet. Jam 08.00 sampai siang buruh sawit, tugasnya memelihara pohon sawit. Ngajar mengaji habis asar. Dibayar sesuai banyaknya karet yang didapat,” ujar Ustaz Sauri. 

Untuk membantu perjuangan Ustaz Sauri, Global Zakat-ACT memberikan bantuan kehormatan. Bahkan Ustaz Sauri tidak menyangka ada dermawan yang memperhatikan guru mengaji di pelosok. “Terima kasih, jarang ada orang yang mau ke pelosok untuk kasih bantuan,” pungkasnya.[]