Volunteer Class Tingkatkan Kapasitas Relawan di Kepri

Ketepatan dalam mengambil keputusan diperlukan saat terjadi bencana. Hal ini yang menjadi materi utama dalam Volunteer Class yang diadakan ACT Kepulauan Riau.

Volunteer Class Tingkatkan Kapasitas Relawan di Kepri' photo
Foto bersama relawan bersama pemateri setelah diadakannya Volunteer Class di Kantor ACT Kepri, Batam. (ACTNews)

ACTNews, BATAM Setelah sebelumnya berhasil menyelenggarakan Volunteer Class dengan materi pemadaman api ringan, kini ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kepulauan Riau kembali menggelar kegiatan khusus relawan ini dengan tema "Penanganan Pertama pada Kecelakaan (P3K)". Kegiatan dilaksanakan pada Ahad (23/2) di Kantor ACT Kepri, Sukajadi, Batam.

Acara dibuka dengan sambutan Guntar Saftawan selaku Ketua MRI Kepri. Kegiatan ini diharapkan menambah wawasan relawan, khususnya di bidang kebencanaan. “Dengan berbagai materi yang diberikan, semoga membentuk relawan yang profesional dan tangguh dalam menghadapi berbagai kondisi,” harapnya.

Sebanyak 23 relawan ikut Volunteer Class. Sedangkan pemateri yang dihadirkan berasal dari Palang Merah Indonesia Kota Batam, Adiyanto.

Dalam kegiatan kali ini, selain memberikan motivasi, pemateri juga mengupas teknik Penatalaksanaan Pertolongan Pertama. “Menjadi seorang relawan, pemahaman tentang pertolongan pertama sangatlah penting. Banyak terjadi kecelakaan atau kejadian yang menyebabkan korban meninggal di perjalanan atau saat menunggu pertolongan, dikarenakan tidak ada tindakan yang cepat dan tepat,” jelas Adiyanto.

Selain diberikan pembekalan materi, peserta juga diajak praktik langsung untuk melakukan pertolongan pertama. Pada bagian ini relawan diberikan cara yang tepat untuk pemeriksaan fisik, teknik kompresi, penggunaan perban, teknik menggeser, memindahkan dan mengangkat korban.

Kegiatan ini berlangsung lancar dan penuh antusias dari para peserta. Semangat relawan juga dipupuk untuk tetap memberikan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya saat terjadi bencana. []

Bagikan