Wah, Ada Peringatan HUT RI di Gaza, Palestina!

Siapa sangka, ternyata ada peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia di Gaza, Palestina. Bukan hanya mengibarkan bendera Merah Putih, peringatan HUT Kemerdekaan RI semakin meriah dengan perlombaan khas Indonesia, mulai dari balap karung, balap kelereng, hingga lomba panjang pinang yang dilakukan ratusan warga Gaza.

kemerdekaan indonesia di gaza
Masyarakat Palestina di Gaza turut memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia dengan melakukan pengibaran bendera Merah Putih dan berbagai perlombaan, Selasa (17/8/2021). (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Bendera Indonesia berkibar megah di tiang salah satu lapangan sekolah di Gaza, Palestina, bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021). Dibawahnya, ratusan anak-anak dengan antusias memandangi sang saka Merah Putih yang melambai-lambai. Mereka terlihat kompak dan seragam dengan mengenakan topi berwarna merah. Beberapa anak juga memakai baju setelan berwarna merah dan putih.

Pengibaran bendera Merah Putih oleh warga Gaza merupakan bentuk ucapan selamat atas peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-76. Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response ACT menjabarkan, kemeriahan Selasa (17/8/2021) itu bukan sekedar eforia, tetapi juga menjadi wujud terima kasih masyarakat Gaza kepada masyarakat Indonesia yang selama ini selalu membersamai.

Said juga menjelaskan, hari itu, semua armada kemanusiaan milik ACT hadir di lokasi pengibaran bendera. Mulai dari Ambulans Dermawan, Humanity Food Truck, Humanity Water Tank, hingga bus sekolah ACT yang akan digunakan untuk antar jemput siswa di Gaza saat tahun ajaran baru nanti.

"Usai pengibaran bendera, ratusan anak-anak Gaza mendapatkan makanan dan minuman gratis yang siapkan tim Humanity Food Truck. Mereka makan bersama," ujar Said, Selasa (17/8/2021) sore.

Kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia juga disemarakan dengan berbagai lomba yang dilakukan warga Gaza. Di tower Shrabb Annaser, di Jalan Al Ouyoun, ibu-ibu di Gaza mengadakan perlombaan memasak nasi goreng. Mereka adalah para penerima manfaat bantuan tempat tinggal atau Community Shelter dari ACT. Tim ACT Palestina menjadi juri dalam lomba tersebut.

Di waktu yang sama, perlombaan lainnya juga dilakukan oleh ratusan warga Gaza di wilayah Al-Zahra, di Gaza Tengah. Berbagai lomba khas Indonesia diselenggarakan, mulai dari lomba balap karung, lomba bakiak, tarik tambang, membawa kelereng dengan sendok, hingga lomba panjat pinang.


Anak-anak Gaza mengikuti lomba balap karung khas Indonesia. (ACTNews)

Sementara itu, di salah satu pantai di Gaza, warga di sana ramai-ramai menggunakan pakaian berwarna merah dan putih. Membentuk formasi, mereka membuat barisan yang akhirnya menyerupai bendera Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga membuat lukisan di pantai berisi ucapan peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia. Lomba layang-layang juga diselenggarakan di pantai itu. Warga Gaza membuat dan menerbangkan layang-layang yang telah dihias dengan warna bendera Indonesia.


Formasi bendera Merah Putih yang dibentuk anak-anak Gaza. (ACTNews)

"Masih banyak juga permainan-permainan lainnya dalam perayaan ini. Lomba yang sebelumnya belum pernah mereka kenal, ternyata memiliki sifat menyenangkan yang universal. Dari anak-anak hingga orang dewasa di Gaza sangat menikmatinya," kata Said.[]