Wakaf Dekatkan Sumber Air bagi Warga Solok

Wakaf Dekatkan Sumber Air bagi Warga Solok

Wakaf Dekatkan Sumber Air bagi Warga Solok' photo

ACTNews, SOLOK – Sudah lama warga di wilayah Jorong Lipek Pageh, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatra Barat harus menuju bukit yang ada di sekitarnya untuk mencari air. Letaknya pun jauh, perlu beberapa kilometer untuk mencapainya. Sedangkan sumber air yang tuju mengalir dalam volume kecil.

Namun, sumber air itu menjadi satu-satunya andalan warga untuk mendapatkan air bersih untuk keperluan sehari-hari. Aan Saputra dari tim Global Wakaf menuturkan, selama ini warga merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air tiap harinya. “Jarak yang jauh dan sumber air kecil menjadi kendala,” ungkap Aan, Senin (25/2).

Untuk itu, Global Wakaf melalui program Sumur Wakaf tengah menggali sumur di Jorong Lipek Pageh. Sumur ini nantinya akan menjadi sumber air bersih warga walau musim kemarau sedang tiba. “Lewat sumur dari dana wakaf masyarakat yang dikelola Global Wakaf ini akan mendekatkan sumber air warga sekitar,” tambah Aan.

Saat ini, pengerjaan sudah masuk hari keenam. Kedalaman yang didapatkan pun sudah mencapai 4 meter dari target pengerjaan 6 meter. Aan menjelaskan, diperkirakan penggalian sumur ini akan selesai pada pekan kedua Maret mendatang. Keterlibatan warga sekitar membuat pengerjaan lebih cepat.

Nantinya, Sumur Wakaf akan digunakan oleh warga sekitar yang mencapai 120 jiwa. Namun, warga lain desa juga diperkirakan akan memanfaatkan sumur ini mengingat jauhnya sumber air yang lama. “Sumur Wakaf akan menjadi sumber air di Musala Darul Muttaqin Lipek Pageh dan warga dari desa lain yang kemungkinan mencapai 250-an jiwa,” kata Aan.

Selain di Solok, Global Wakaf juga tengah membangun Sumur Wakaf di beberapa daerah lain, salah satunya di Pati, Jawa Tengah. Di lokasi langganan bencana kekeringan saat kemarau ini, Sumur Wakaf tengah digali dengan target kedalaman 80 meter. Kedalaman pengeboran itu untuk menjamin ketersediaan air walau kemarau datang. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan

Terpopuler