Wakaf Modal Usaha Mikro Hadir untuk Pelaku Usaha di Makassar

Wakaf Modal Usaha Mikro terus meluaskan manfaat di berbagai daerah di Indonesia untuk menopang para pelaku usaha kecil yang terdampak pandemi. Program ini salah satunya hadir dan diluncurkan di Masjid Mardhiyyah, Kota Makassar pada Jumat (25/9) lalu.

Global Wakaf - ACT Sulawesi Selatan menyalurkan modal kepada para penerima manfaat. (ACTNews)

ACTNews, MAKASSAR – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan hampir dipastikan mengakibatkan resesi ekonomi di Indonesia. Sehingga tergambar kondisi ekonomi masyarakat menukik tajam, utamanya pekerja sektor informal dan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Beragam program kemanusiaan telah diluncurkan oleh lembaga kemanusiaan Global Wakaf – ACT untuk membantu masyarakat prasejahtera dari keterpurukan ekonomi yang terjadi seperti saat sekarang ini. Salah satunya melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro yang berfokus membantu para pelaku usaha kecil untuk terus bertahan di tengah turunnya daya beli masyarakat.

Untuk pertama kalinya program Wakaf Modal Usaha Mikro diluncurkan di Makassar, tepatnya di Masjid Mardhiyyah, Kelurahan Gunung Sari, Kecamatan Rappocini pada Jumat (25/9). Dipilihnya masjid sebagai lokasi peluncuran juga sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa masjid bukan hanya tempat ibadah, namun juga sebagai pusat perekonomian umat.

Dalam acara peresmian tersebut, turut dilaksanakan penyerahan bantuan wakaf modal usaha mikro secara simbolis kepada 8 orang pelaku UMKM yang juga merupakan jemaah masjid. Para jemaah ini sebelumnya juga telah lulus verifikasi oleh Tim Global Wakaf – ACT.


Masjid Mardhiyyah tampak depan. (ACTNews)

Firman dari Tim Program Global Wakaf - ACT Sulawesi Selatan di sela acara peluncuran mengatakan bahwa program Wakaf Modal Usaha Mikro berbasis masjid ini, diharapkan dapat membantu perekonomian warga khususnya pelaku UMKM menengah ke bawah.

“Salah satu program pemberdayaan masyarakat yang berbasis masjid ini adalah salah satu pelopor kebangkitan umat, di mana masjid akan dijadikan pusat sentralisasi perekonomian. Untuk mendukung hal itu, kehadiran Wakaf Modal Usaha Mikro dapat membantu pelaku UMKM di sekitar masjid dengan penyaluran modal tanpa bunga, sehingga mereka dapat bertahan di tengah kemerosotan ekonomi akibat pandemi,” jelas Firman.


Selain di Kota Makassar, hal serupa juga telah dilakukan di kota lainnya di Indonesia. Di mana sumber dana Wakaf Modal Usaha Mikro berasal dari kedermawanan rakyat Indonesia terhadap saudara sebangsanya yang dilanda ujian kehidupan. Oleh karenanya Firman juga mengajak masyarakat, khususnya Sulawesi Selatan, untuk terus mendukung program ini agar jangkauannya semakin meluas.

“Kami juga mengajak sahabat dermawan untuk berpartisipasi dalam program ini, dengan menyalurkan bantuan wakaf tunainya melalui rekening atas nama Global Wakaf ke BNI Syariah  66 0000 837 dengan melampirkan konfirmasi bukti transfer via WhatsApp ke nomor 0821 9224 1414. Atau bisa datang langsung ke kantor ACT Sulawesi Selatan yang berlokasi di Jl. Sultan Alauddin Plaza Ruko BB No.11 Kota Makassar,” jabar Firman. []