Wakaf Modal Usaha Mikro Topang Usaha Kecil di Sumbar

Global Wakaf - ACT Sumbar kembali membantu 10 pelaku usaha kecil di Kota Padang melalui program Wakaf Modal Usaha yang pertama kali dilakukan di Sumatra Barat.

Wakaf Modal Usaha Mikro Topang Usaha Kecil di Sumbar' photo
Kepala Cabang Global Wakaf - ACT Sumatra Barat (kiri) Zeng Welf menyerahkan simbolisasi bantuan kepada salah satu penerima manfaat di Masjid Nurul Ikhlas, Jumat (25/9). (ACTNews/Dana Kurnia)

ACTNews, PADANG – Global Wakaf - ACT Sumatra Barat kembali meluncurkan program Wakaf Modal Usaha Mikro di Masjid Nurul Ikhlas Andalas. Melalui program ini, Global Wakaf - ACT berikhtiar membantu para petani dan usaha kecil dari hulu hingga ke hilir dan kembali meluaskan fungsi masjid, Jumat (25/9).

Kepala Cabang ACT Sumatra Barat Zeng Welf mengatakan, masjid dalam program ini diperankan sebagai penguat ekonomi umat, bukan sekadar tempat ibadah. “Program Wakaf Modal Usaha Mikro juga bertujuan memutus riba atau menghindarkan bunga utang bagi masyarakat yang membutuhkan modal,” terang Zeng. Kali ini, 10 penerima manfaat menerima bantuan modal usaha. Para penerima manfaat juga akan mendapat bimbingan dalam menjalankan usaha.

Seremonial penyaluran wakaf modal usaha itu dihadiri salah satu tokoh agama Sumbar Ustaz Dr. Sudarman M.A., Ketua Masjid Nurul Ikhlas Andalas dr. Heksan, dan Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Rina Melati.

“Wakaf merupakan aset umat Islam terbesar. ACT mengelola wakaf menjadi hal produktif yang sangat diperlukan oleh umat pada saat ini,” kata Ustaz Sudarman mengapresiasi program Wakaf Modal Usaha Mikro ini.

Sementara itu, Ketua Masjid Nurul Ikhlas Andalas dr. Heksan mengatakan, program ini menjadi contoh bagi masjid. Program ini juga dianggap inspirasi untuk program Masjid Mandiri 2025. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada ACT telah menunjuk masjid Nurul Ikhlas sebagai  tempat pemberdayaan Wakaf Modal Usaha Mikro. Ini tentu membantu usaha jamaah kami yang terpuruk karena pandemi,” ungkap Heksan.

Kepala Bidang Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Rina Melati pun kagum dengan program yang dilakukan Global Wakaf - ACT karena membuat para pelaku usaha terhindar masalah permodalan dengan riba. “Program ini sudah sangat membantu koperasi dengan sistem pinjaman tanpa bunga. Ini adalah dana umat yang terus diputar terus menerus agar menjadi wakaf yang produktif. Harapan kami yang telah menerima dana wakaf ini suatu hari juga bisa menjadi wakif yang kembali membantu sesama,” kata Rina.

Sahabat Dermawan juga dapat membantu para pelaku usaha kecil dengan berwakaf melalui padang.indonesiadermawan.id atau Rekening BNI Syariah di nomor 66 00000 142 atas nama Global Wakaf.[]

Bagikan

Terpopuler