Wakaf Pangan Laut Produktif Disosialisasikan ke Warga Aceh

Pengembangan masyarakat berbasis wakaf terus ACT luaskan ke berbagai daerah. Kali ini tersosialisasi dan siap diimplementasikan di Aceh.

wakaf pangan laut produktif
Sosialisasi Wakaf Pangan Laut Produktif untuk warga Aceh. (ACTNews)

ACTNews, ACEH BESAR Kesejahteraan masyarakat berbasis wakaf produktif terus dimasifkan. Tujuannya, mendorong kemandirian dan ekonomi masyarakat. Hal ini juga yang dilakukan Global Wakaf-ACT dengan menyosialisasikan Wakaf Pangan Laut Produktif ke warga Ie Suum, Aceh Besar, Sabtu (18/9/2021).

Dalam pertemuan ini, turut menghadirkan warga dari dua gampong, yaitu Ie Suum dan Lamreh. Mereka dilibatkan dalam program pengembangan masyarakat berbasis kelompok kerja dengan wakaf produktif.

“Wakaf Pangan Laut Produktif merupakan program pemberdayaan dari Global Wakaf-ACT yang fokus pada bidang perikanan dan produksi hasil laut serta pemasaran. Tujuannya, ingin meningkatkan perekonomian,” jelas Rikar Maulana dari tim Program ACT Aceh.

Program ini sendiri perdana disosialisasikan di Aceh. Bermitra dengan Global Giving, benih lobster air tawar serta ikan patin bakal diserahkan ke warga yang mendapatkan pendampingan pada Rabu (22/9/2021) mendatang. Saat ini, Wakaf Pangan Laut Produktif siap dikembangkan di Kawasan Wakaf Terpadu Barbate dengan jumlah lima kolam dan di Seulah sebanyak dua kolam. Tiap kolam dikelola oleh kelompok kerja warga setempat.

Keuchik Gampong Ie Suum Afitrullah mengatakan, ACT sudah banyak membantu masyarakat di Ie Suum. Sehingga dengan adanya program baru yang memberdayakan, menambah antusias warga.[]

Pada sosialisasi ini Global Wakaf-ACT juga memberikan wawasan terkait wakaf produktif. Sehingga, dalam pengimplementasiannya nanti diharapkan akan lebih mudah.[]