Wakaf Saham, Jalan Ibadah PT Harmony Land Group

Wakaf Saham, Jalan Ibadah PT Harmony Land Group

Wakaf Saham, Jalan Ibadah PT Harmony Land Group' photo

ACTNews, DEPOK - Setelah mewakafkan sahamnya sebanyak 5% dari total asetnya pada 2018, tahun ini PT Harmony Land Group membagikan dividen saham wakaf tersebut. Perusahaan yang bergerak di bidang properti itu, menyerahkan Rp 150.000.000 dari total keuntungan yang telah mereka dapatkan. Penyerahan sertifikat oleh Global Wakaf menandai penyerahan dividen saham pada Selasa (26/3).

Direktur Harmony Land Fithor Muhammad, terinspirasi untuk berwakaf ketika bertemu Presiden Global Wakaf Imam Akbari. Ketika Imam menceritakan program wakaf saham, Fithor langsung tertarik menjadi wakif.

 

“Karena dari beberapa story yang diceritakan beliau ini, wah, kok kayaknya bagus sekali. Karena selama ini kita tahu, sedekah itu sekali bikin (melakukan sedekah), ya selesai sudah. Ternyata ada yang namanya program wakaf saham di mana wakaf saham ini tidak sekadar memberi uang lalu selesai. Tapi ternyata uang ini pun, diproduktifkan kembali, sehingga manfaatnya lebih luas.” jelas Fithor.

Bisnis yang ia dirikan berdua dengan temannya ini tidak hanya mencari profit semata, tetapi menjadi jalan ibadah. Sudah sejak lama juga, ia menginginkan kebermanfaatan yang diraih lebih luas dari sebelumnya. Pertemuannya dengan Global Wakaf, menurut Fithor, mempermudah misinya. Hal ini mengingat Global Wakaf memfasilitasi Fithor dalam memperluas kebermanfaatan tersebut.

Semangat kebermanfaatan di Harmony Land tidak hanya datang dari Fithor seorang. Menurut Fithor, para direksi dan tim inti di perusahaannya menyambut baik gagasan ini. Semangat itulah yang kemudian mereka jaga dalam tim saat ini. Semangat yang mencari keuntungan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat.

 

Dari wakaf saham ini, Fithor berharap keberkahan seutuhnya dari Allah. Bagi Fithor, percuma jika perusahaan besar tetapi tapi lupa pada ibadahnya, dan akhirnya hanya untung di dunia dan rugi di akhirat kelak.

“Insyaallah, ini menjadi jalan terbaik kita. Karena kalau sedekah rutin itu kita yang namanya manusia suka lupa. Jadi misalnya biasanya sedekah 100 juta, habis itu ada kebutuhan, mungkin turun. Tapi kalau saham kan, selama profit perusahaannya cukup, kita akan selalu sedekah. Jadi insyaallah ini menjadi fasilitas bagi kita semua yang ingin berkontribusi, ingin menjaga keberkahan dari perusahaan kita.” terang Fithor

 

Rizky Wihardi selaku Director of Strategic Development Global Wakaf, mengapresiasi semangat wakaf dari Fithor. Rizky berpendapat, semangat ini sepatutnya dicontoh dan disebarkan sebagai cerita baik, agar kebaikan ini dapat tersambung kepada orang lain.

Ia menambahkan, wakaf daat ini menjadi semacam literatur yang hilang. Karena wakaf yang lazim di masyarakat bentuknya adalah tanah dan masjid. Maka Global Wakaf merasa perlu menyampaikan kembali kepada masyarakat dan publik, bahwa wujud nyata wakaf sangat beragam bentuknya.

“Hari ini kita buktikan kepada masyarakat, bahwa bentuk wakaf yang sangat fleksibel dan mudah dijalankan adalah wakaf uang. Wakaf uang pun banyak turunannya. Salah satunya adalah saham yang akan kita konversikan menjadi uang.” ujar Rizky. []

Tag

Belum ada tag sama sekali