Wakaf Ternak Produktif Dorong Perekonomian Pesantren di Momen Kurban

Sambut Iduladha 2022, Global Qurban siap serap hewan kurban terbaik dari Wakaf Ternak Produktif Pesantren. Hasil penyerapan kurban dikembalikan untuk mendukung perekonomian pesantren.

Wakaf ternak produktif
Santri Ponpes Miftahul Ulum Gandok tengah menunjukkan hewan kambing yang siap dikurbankan. (ACTNews/Rimayanti)

ACTNews, TASIKMALAYA – Hari Raya Iduladha lebih kurang 40 hari lagi. Global Wakaf-ACT Tasikmalaya mulai mempersiapkan kurban dengan menyerap hewan kurban dari Lumbung Ternak Wakaf di berbagai pesantren di Tasikmalaya, penerima Program Wakaf Ternak Produktif.

Salah satunya ternak yang ada di Pondok Pesantren Darussalam dan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Gandok Kota Tasikmalaya. Saat ini, hewan ternak kambing yang berada di Ponpes Miftahul Ulum berjumlah 53 ekor.  

“Enam ekor sudah dibeli oleh salah satu jemaah pesantren untuk kurban. Ini bukti nyata Program Wakaf Ternak Produktif sangat bermanfaat bagi kemandirian pesantren dan dapat meningkatkan perekonomian pesantren,” kata M. Fauzi Ridwan dari tim ACT Tasikmalaya.

Sementara di Pondok Pesantren Darussalam terdapat 27 ekor kambing. Hewan kambing yang memenuhi kriteria untuk dijadikan hewan kurban nantinya akan diserap oleh Global Qurban-ACT sebagai hewan terbaik untuk berkurban.

“Jika kambing-kambing sudah memenuhi kriteria dan siap untuk dikurbankan, akan dibeli oleh Global Qurban-ACT. Sementara hasil penjualannya dikembalikan ke pesantren untuk dimanfaatkan bagi kemaslahatan pesantren” ungkapnya.

Pengelola WTP di Pesantren Darussalam Ustaz Jalaluddin menjamin kambing yang dihasilkan dari Wakaf Ternak Produktif Pesantren memiliki kualitas yang baik. Karena dikelola dan dirawat dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah ternak domba di sini dirawat dengan baik. Utamanya pada pangan, kesehatan, juga kebersihan hewan yang setiap hari dirawat dari pagi hingga sore. Sehingga layak dijadikan hewan kurban,” jelasnya.

Menurut Fauzi, hewan ternak yang disiapkan Global Qurban dan Global Wakaf ACT untuk berkurban merupakan hewan terbaik dan sesuai dengan syariat. Ditambah manfaat juga berlipat.

“Saat sahabat dermawan berkurban melalui Global Qurban-ACT, selain membahagiakan sesama dengan hadirnya daging kurban tapi juga ikut membantu pemberdayaan ekonomi pesantren melalui Program Wakaf Ternak Produktif (WTP),” pungkas Fauzi.[]