Wakaf UMKM Sapa Dua Ibu Pejuang Ekonomi Keluarga di Gowa

Meskipun kondisi yang dihadapi cukup sulit saat ini, Muliyati dan Hamsina tetap berdagang kue keliling sebab dari merekalah kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

bantuan umkm gowa
Di masa pandemi ini, kedua ibu tangguh ini nyaris kehabisan modal dalam berjualan. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN GOWA – Berdagang di masa pandemi menjadi rintangan bagi para pelaku usaha, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki modal terbatas. Hal ini yang dialami Muliyati dan Hamsina, dua orang ibu di Kelurahan Borongloe, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Keduanya kini merupakan tulang punggung bagi keluarga mereka masing-masing. Suami Muliyati kini menjalani hukuman di lembaga pemasyarakatan, sedangkan suami Hamsina telah berpulang sejak ia melahirkan anak pertama.

“Kedua ibu ini sekarang menjalani peran sebagai kepala keluarga. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka berjualan kue keliling di sekitar lingkungan tempat mereka tinggal, sampai ke pasar terdekat di Kelurahan Borongloe,” jelas Firman dari Tim Program Global Wakaf-ACT Sulawesi Selatan pada Selasa (9/11/2021).

Tetapi seiring daya beli yang menurun di masa pandemi saat ini, mereka mengalami kesulitan dalam berdagang. Karena itu, Global Wakaf-ACT turut membantu Muliyati dan Hamsina melalui program Wakaf UMKM.


“Amanah para dermawan melalui program ini kami salurkan dalam bentuk bantuan modal, serta pendampingan usaha untuk para penerima manfaat. Harapan kami dengan adanya bantuan ini, usaha mereka dapat terus berlanjut bahkan terus berkembang,” ucap Firman.

Muliyati pun tak menyangka dengan hadirnya bantuan untuk mereka berdua. “Kami sangat kaget dan terharu, ada orang yang tidak kami kenal tiba-tiba mendatangi rumah kami menanyakan soal jualan kami. Di saat setelah berbincang tentang kondisi kami, tim dari Global Wakaf-ACT menawarkan bantuan modal usaha sebagai modal tambahan untuk kami yang saat ini hampir tutup warung karena tak memiliki modal,” cerita Muliyati.

Untuk semakin meluaskan kemanfaatan program Wakaf UMKM, Firman turut mengajak para dermawan untuk berkolaborasi dalam program ini. “Global Wakaf-ACT juga mengajak para sahabat dermawan yang ingin berpartisipasi dalam gerakan kebaikan ini. Sahabat Wakif sekalian dapat menyalurkan donasi terbaiknya melalui Indonesia Dermawan atau melalui rekening Muamalat 8010 1071 82 dengan konfirmasi transfer via WA ke 0821 9224 1414 atau mengunjungi halaman instagram @act_sulsel,” ajak Firman. []