Wakaf UMKM Siap Sapa Tiga Puluh Penerima Manfaat di Kabupaten Tasikmalaya

Membantu para pedagang kecil yang terdampak dari adanya PPKM, Global Wakaf-ACT Tasikmalaya terus meluaskan manfaat program Wakaf UMKM. Dalam waktu dekat, Global Wakaf-ACT berencana menyapa 30 penerima manfaat di Tasikmalaya.

bantuan modal tasikmalaya
Salah satu penerima manfaat Wakaf UMKM di Desa Padakembang. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA – Pandemi Covid-19 belum juga usai. Beberapa kebijakan pemerintah terus dilakukan dengan harapan dapat menekan infeksi, salah satunya lewat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sementara di sisi lain, dampak dari PPKM dirasakan oleh masyarakat terutama para pedagang kecil atau UMKM yakni dengan menurunnya jumlah penjualan. Sehingga PPKM cukup membuat dilema. Salah satunya diceritakan Kartini, salah satu penerima bantuan Wakaf UMKM di Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmlaya.

“Ibu sudah sepuluh hari tidak jualan, karena uangnya dipakai untuk makan dan kebutuhan sehari-hari. Para pelanggan udah banyak yang menanyakan, tapi bagaimana? Modal enggak ada, enggak bisa jualan. Sepuluh hari diam di rumah nunggu yang nyuruh kerja aja kayak bertani,” ungkap pedagang lotek dan rujak ini pada Selasa (27/07/2021) lalu.

Untuk membantu para pedagang seperti Kartini, pada hari itu Global Wakaf-ACT memberikan bantuan modal untuk lima pelaku usaha melalui program Wakaf UMKM. Program ini telah berjalan sejak Senin (26/7/2021) lalu, dan setiap harinya menyapa lima hingga sepuluh pelaku usaha.


“Insyaallah, sudah ada tiga puluh pedagang calon penerima Wakaf UMKM di Kabupaten Tasikmalaya, yang akan segera kita implementasikan. Selain memberikan modal usaha, program ini pun dibarengi dengan pendampingan dari kami untuk pengembangan usaha mereka. Harapan kami para pedagang ini bisa bertahan, bahkan berkembang di tengah pembatasan seperti sekarang,” ungkap Nizam sebagai Koordinator Wakaf UMKM Kabupaten Tasikmalaya.

Sejumlah pedagang pun merasa terbantu, seperti Kartini yang merasa haru sampai menangis sebab dapat kembali berjualan dengan adanya bantuan modal ini. Karena itu Nizam turut mengajak untuk terus meluaskan manfaat program ini kepada pelaku usaha lainnya.

“Mudah-mudahan program ini terus bisa dilaksanakan, dan banyak lagi para pedagang atau masyarakat yang merasakan program-program buah kebaikan dari para dermawan semua. Dan semoga Allah SWT membalas kebaikan kita semua,” harap Nizam. []