Wakaf Usaha Produktif Bantu UMKM Kembali Bangkit

Global Wakaf-ACT melalui Wakaf Usaha Produktif (WUP) hadir untuk membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kembali bangkit. Wakaf Usaha Produktif ini adalah program untuk memberikan aset usaha kepada para pelaku UMKM.

Wakaf Usaha Produktif
Salah seorang penerima manfaat Gerobak Wakaf di Bogor. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Global Wakaf-ACT melalui Wakaf Usaha Produktif (WUP) hadir untuk membantu para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kembali bangkit. Wakaf Usaha Produktif adalah program untuk memberikan aset usaha kepada para pelaku UMKM.

Koordinator Program WUP, Novaly Rushan mengatakan UMKM ini adalah penopang ekonomi bangsa. Sehingga perlu adanya dukungan serius agar UMKM bisa berjalan tanpa kendala. Saat ini tercatat ada 64 juta orang dan 99 persen usaha di Indonesia itu UMKM.

“UMKM di kala pandemi ini semua kena imbas, baik itu modal tergerus, baik jumlah pembelinya yang sedikit, baik mereka kehilangan kesulitan dalam mencari bahan baku. Sampe akhirnya dia kesulitan dalam aset-aset usahanya,” katanya, Kamis (12/8/2021).

Ia melanjutkan, banyak akhirnya pelaku UMKM yang menjual asetnya, seperti menjual gerobak dan barang pendukung lain. Cerita miris juga sering terdengar dari para pelaku UMKM. Maka kehadiran Wakaf Usaha Produktif, para pelaku UMKM bisa kembali produktif lagi.

“Tujuan ini supaya UMKM kita bisa gaspol usaha, misal mereka sudah punya alat usaha, Insya Allah besoknya ia sudah bisa jualan. Beda kalo misalkan ketika orang dikasih modal uang, orang itu bisa berpikir untuk dibelikan hal lain,” jelasnya.

Sementara itu, kriteria penerima manfaat Wakaf Usaha Produktif ini pertama UMKM yang membutuhkan alat usaha, seperti etalase, dan gerobak motor. Kedua, pelaku UMKM sudah usaha minimal 2 tahun. Ketiga, UMKM masuk kategori usaha mikro, dengan ketentuan omset dibawah 30 juta se bulan.

“Selain itu cara mengontrol UMKM ini kita akan lakukan pendampingan juga softskill. Bahkan kita ajarkan digital marketing di kala pandemi seperti ini,” kata Rushan.[]