Wakaf Usaha Produktif Tunjang Kebutuhan UMKM dengan Berbagai Aset

Global Wakaf-ACT melalui Wakaf Usaha Produktif hadirkan modal usaha berupa beragam aset. Mulai dari gerobak hingga mobil toko yang sudah disiapkan guna menunjang usaha para pelaku UMKM. Pemberian modal aset usaha ini nantinya disesuaikan juga dengan jenis usaha pelaku UMKM.

Wakaf Usaha Produktif
Gerobak Wakaf, salah satu modal usaha berupa aset yang diberikan Global Wakaf-ACT kepada pedagang. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Global Wakaf-ACT melalui Wakaf Usaha Produktif (WUP) menghadirkan modal usaha berupa beragam aset. Mulai dari gerobak hingga mobil toko yang sudah disiapkan guna menunjang usaha para pelaku UMKM. Pemberian modal aset usaha ini disesuaikan juga dengan jenis usaha pelaku UMKM.

“Ada gerobak sayur, gerobak sepeda, untuk memudahkan pedagang yang menempuh jarak jauh. Kami juga hadirkan booth, gerobak motor, terus ada motor roda tiga, dan yang sedang kita siapkan saat ini ada rencana mobil toko,” kata Koordinator Progran WUP, Novaly Rushan, Kamis (12/8/2021).

Sementara, Rushan mengaku tengah menyiapkan wakaf mobil toko untuk kegiatan UMKM. Mobil ini difungsikan untuk memamerkan produk para pelaku UMKM sebagai upaya pemasaran.

Selain aset untuk mendukung prduk, fokus pembangunan tempat distribusi atau supply chain juga sedang dilakukan Global Wakaf agar harga jual produk UMKM bisa stabil.

“Contoh, kalau kita menguasai supply chain, insyaallah harga produk itu aman. Contoh lain, seperti produk hasil laut. Tidak ada supply chain yang bagus, produk laut itu harganya bisa turun. Penurunan terjadi karena kualitas, seperti tidak ada pendingin, sehingga produk tidak bagus, akhirnya harganya jatuh,” katanya.

Ia melanjutkan, ketika memiliki supply chain atau warehouse hasil produk bisa lebih terjaga. Khawatir jika tidak memiliki gudang yang memadai, praktik di lapangan harga barang mungkin bisa hancur dan turun.[]